26.5 C
Mataram
Minggu, 25 Februari 2024
BerandaLombok TengahJelang Pencoblosan, KPU Loteng Mulai Distribusikan Perlengkapan Pemilu ke Desa

Jelang Pencoblosan, KPU Loteng Mulai Distribusikan Perlengkapan Pemilu ke Desa

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum (pemilu) 2024 ke setiap desa di wilayah tersebut. Pendistribusian itu dilakukan secara bertahap dan ditargetkan rampung hingga malam.

Ketua KPU Loteng, Hendri Harliawan mengatakan kotak suara yang didistribusikan hari ini berjumlah 16.580 untuk 3316 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang di dalamnya sudah ada surat suara serta alat pencoblosan lainnya. “Jumlah kotak suara yang didistribusikan hari ini lima kali dari jumlah TPS yang ada di Lombok Tengah,” katanya, Senin (12/2/2024) usai melepas Logistik di Praya.

Dijelaskan, proses pendistribusian oleh KPU ini hanya dilakukan sampai di kantor desa saja. Sementara untuk proses pengantaran ke tiap TPS itu akan diantar oleh masing-masing PPS setempat. “Kotak ini akan didorping dulu di kantor desa baru setelah itu diantar ke masing-masing TPS,” imbaunya.

Pihaknya memastikan bahwa jumlah logistik yang didistribusikan ini sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada di TPS. pendistribusian kotak suara ke desa ini pun mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian agar memastikan kotak suara sampai aman terlebih pada musim penghujan. “Tidak ada kekurangan. Pendistribusian ke desa dikawal langsung pihak kepolisian agar aman hingga tujuannya,” imbuhnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat mengatakan, bahwa dalam proses pendistribusian logistik pemilu ini pihaknya menerjunkan setidaknya 335 personel untuk memastikan perlengkapan pencoblosan tiba di masing-masing desa dalam keadaan aman.

“Pengamanan tidak hanya berkaitan dengan potensi tindak kriminal, tetapi juga sebagai antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi mengingat saat ini memasuki musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana banjir, longsor, dan sebagainya,” katanya.

Ia berharap semua komponen yang terlibat dalam tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 dapat bekerjasama dan bersinergi agar prosesnya berjalan aman, lancar, dan damai. “Melihat kondisi cuaca yang berubah-ubah, kami akan pastikan logistik pemilu 2024 di Loteng sampai tingkat Desa dalam keadaan baik mengingat kotak suara dan bilik suara terbuat dari kardus,” ujarnya.

Pengiriman logistik Pemilu 2024 mencakup surat suara untuk pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten serta kotak suara, nantinya Logistik Pemilu 2024 akan distribusikan ke 154 Desa/Keluhan di 12 Kecamatan. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer