31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaMataramBuat Danau Buatan RTH Pagutan, Pemkot Mataram Siapkan Anggaran Rp1 Miliar Lebih

Buat Danau Buatan RTH Pagutan, Pemkot Mataram Siapkan Anggaran Rp1 Miliar Lebih

Mataram (Inside Lombok) – Pembuatan danau buatan yang ada di RTH Pagutan ditargetkan mulai dibangun 2024 mendatang. Danau buatan yang akan dibuat cukup dalam dan alokasi anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp1-1,5 miliar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, Nizar Denny Cahyadi mengatakan anggaran yang disiapkan cukup ideal karena diameter danau buatan tersebut lebar. Selain itu, kedalamannya nanti mencapai 1,5 meter. “Itu nanti kedalamannya 1,5 meter jadi biayanya cukup besar,” katanya, Senin (20/11) pagi.

Konsep pembuatan danau buatan ini sama seperti kolam buatan di RTH Udayana yaitu menggunakan geomembrane. Penggunaan geomembrane ini biasa digunakan untuk kolam untuk menahan air. “Ini kayak terpal terpal tapi cukup tebal. Di Udayana itu kolam buatan dan kalau di Pagutan danau buatan,” katanya.

Keberadaan danau buatan kata Plt Dinas Pariwisata Kota Mataram ini sebagai tempat rekreasi dan edukasi masyarakat. Karena danau tersebut nantinya akan dilengkapi dengan air mancur dan ikan hias. “Tidak untuk jadi tempat mandi. Jadi bisa jadi tempat rekreasi masyarakat,” ujarnya.

- Advertisement -

Kata Denny menambahkan, danau buatan di RTH Pagutan direncanakan akan dibuat berbentuk seperti Pulau Lombok dan Sumbawa. Karena lahan yang digunakan untuk danau buatan yang cukup luas, sehingga penggunaan konsep tersebut dinilai cukup pas. “Ini kan belum terbentuk. Tapi rencananya berbentuk Pulau Lombok Sumbawa,” katanya.

Lokasi danau buatan yaitu sebelah timur bencingah yang sudah terbangun saat ini. Pembuatan danau buatan ini agar pilihan tempat rekreasi dan edukasi masyarakat di Kota Mataram bisa lebih banyak.

Keberadaan fasilitas yang disiapkan Pemkot Mataram ini, keberadaan RTH Pagutan akan semakin dikenal masyarakat luas. Karena di RTH tersebut juga sudah dilengkapi dengan lokasi khusus lomba burung. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer