26.5 C
Mataram
Selasa, 28 Mei 2024
BerandaMataramTidak Ada Sponsor, Pemkot Mataram Batalkan Program Mudik Gratis Tahun Ini

Tidak Ada Sponsor, Pemkot Mataram Batalkan Program Mudik Gratis Tahun Ini

Mataram (Inside Lombok) – Tahun ini, Pemkot Mataram melalui Dinas Perhubungan batal menggelar kembali program mudik gratis. Hal ini karena tidak ada alokasi anggaran, dan Dinas Perhubungan Kota Mataram gagal mendapatkan sponsor.

Program mudik gratis biasanya banyak bermunculan jelang lebaran. Program ini disebut cukup membantu para perantau yang tidak memiliki biaya untuk pulang ke kampung halamannya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, Zulkarwin mengatakan program mudik gratis ini sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan beberapa sponsor, salah satunya perbankkan. Namun, ternyata tidak ada bantuan anggaran yang bisa diberikan.

Dicontohkan, koordinasi sempat dibangun dengan PT AMNT dan Damri, meski akhirnya realisasi program itu gagal dilakukan oleh Pemkot Mataram. “Masing-masing sponsor ini memiliki program masing-masing. Misalnya seperti PT AMNT itu dengan Pemprov NTB. Begitu pun Bank NTB Syariah ada programnya, tapi akan melaksanakan sendiri dan kita hanya membantu,” katanya.

- Advertisement -

Selain itu, Damri juga memiliki program mudik gratis, sehingga bus yang ada sudah dipergunakan semua. “Bus yang khusus untuk mudik gratis itu sudah tidak tersedia,” ungkap Zulkarwin.

Tahun lalu, Pemkot Mataram memprogram mudik gratis ke Pulau Sumbawa. Tidak hanya menyiapkan bus tetapi juga mudik gratis berlaku bagi kendaraan roda dua. Karena tahun ini program serupa gagal terlaksana, maka 2025 mendatang Walikota Mataram, Mohan Roliskana meminta agar Dinas Perhubungan mempersiapkan mudik gratis tersebut.

Agar program itu terealisasi di tahun depan anggarannya pun diupayakan masuk dalam APBD 2025. “Diperintah sama Pak Wali, tahun depan dipersiapkan jauh-jauh hari dan dari anggaran murni kita persiapkan,” ujarnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer