29.5 C
Mataram
Kamis, 30 Mei 2024
BerandaOlahraga162 Atlet NTB Lolos Pra PON, KONI: Jumlah yang Membanggakan

162 Atlet NTB Lolos Pra PON, KONI: Jumlah yang Membanggakan

Mataram (Inside Lombok) – Sebanyak 29 cabang olahraga (cabor) lolos pada pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang sudah digelar sejak beberapa bulan yang lalu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 162 atlet asal NTB sudah dipastikan ikut pada PON 2024 mendatang.

Ketua KONI NTB, Mori Hanafi merincikan cabor yang lolos pada pra PON antara lain atletik sebanyak 11 atlet, menembak ada 12 atlet, gateball dua atlet, petanque sembilan atlet, dan bermotor ada tujuh atlet.

“Ada juga cabor hapkido dua atlet, hoki itu ada 12 atlet, tinju ada dua atlet, kurash satu atlet, bridge juga ada dua atlet yang lolos. Untuk catur enam atlet, selam satu atlet, tenis meja empat, bulutangkis ini ada 14 atlet, dan kempo 12 atlet,” tambah Mori.

Selain itu, cabor lainnya yang lolos seperti sepatu roda sebanyak enam atlet, muaythai delapan atlet, karate ada empat atlet, soft tenis ada empat atlet dan, balap sepeda lima atlet. Sedangkan untuk tenis lapangan empat atlet, triathlon ada tiga atlet, dance sport ada 12 atlet, pencak silat lima atlet, esport ada enam atlet, berkuda dua atlet, akuatik tiga atlet, anggar satu atlet dan selancar ombak tiga atlet.

- Advertisement -

Selain itu, ada empat cabor yang juga turun di pra PON atau babak kualifikasi PON Aceh-Sumatera Utara 2024, tetapi belum berhasil meloloskan atlet. Antara lain golf, squash, aerosport, dan drumband.

Dari jumlah saat ini, KONI NTB memprediksikan jumlah cabor yang akan lolos bertambah. Hal ini karena sebanyak 16 cabor belum mengikuti babak kualifikasi PON Aceh-Sumut. “Panjat tebing, tarung derajat, taekwondo, panahan, senam, basket, voli pantai, sepakbola dan futsal, biliar, gulat, kabaddi, sambo, kickboxing, sepak takraw, wushu, dan arung jeram,” ungkap Mori.

Jumlah cabor yang lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara 2024 hingga saat ini sudah melampaui jumlah cabor yang diturunkan pada PON Papua. Saat itu, NTB meloloskan dan mengikuti 19 cabor. Total Atlet yang sudah lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara 2024 dari 29 cabor sebanyak 162 atlet putra dan putri. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer