26.5 C
Mataram
Minggu, 14 April 2024
BerandaPariwisataSeribu Puteri Mandalika Ramaikan Karnaval Pesona Bau Nyale

Seribu Puteri Mandalika Ramaikan Karnaval Pesona Bau Nyale

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sekitar seribuan Puteri Mandalika mengikuti karnaval dan melakukan parade di sekitar Pantai Kuta Mandalika. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian acara Pesona Bau Nyale yang digelar pada 29 Februari dan 1 Maret di pantai Seger, Desa Kuta Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng).

Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri menegaskan karnaval ini merupakan salah satu rangkaian menyambut event Pesona Bau Nyale, salah satu tradisi yang sangat penting bagi masyarakat dan merupakan bagian dari budaya dan kebudayaan yang kaya dan khas dari daerah. “Tradisi ini menjadi kebanggaan masyarakat Loteng, maka kita harus terus melestarikan dengan rangkaiannya,” ujarnya, Rabu (28/2/2024) di Mandalika.

Pathul menjelaskan bahwa karnaval ini juga mampu mampu menarik minat wisatawan, tidak hanya dari dalam negeri tapi juga Internasional. Sehingga ke depan pihaknya berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan.

“ini akan kita buat lebih besar lagi dan ini sebagai sebagai upaya menjaga budaya tapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbuhnya. Menurut Pathul, karnaval ini merupakan kesempatan baik bagi semua pihak untuk mengenal lebih jauh tentang budaya dan tradisi masyarakat Loteng.

- Advertisement -

Selain itu ini upaya untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Loteng. “Di balik kemeriahan acara ini, kita juga harus memperhatikan tradisi dan budaya kita. Kita harus memastikan kita tidak hanya menikmati acara ini tetapi juga memastikan budaya dan tradisi kita diteruskan dari generasi selanjutnya,” tegasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer