26.5 C
Mataram
Kamis, 18 Juli 2024
BerandaPariwisataTamu Hotel di Senggigi Disiapkan Bus Gratis untuk Menonton Perang Topat

Tamu Hotel di Senggigi Disiapkan Bus Gratis untuk Menonton Perang Topat

Lombok Barat (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) akan menyiapkan shuttle bus khusus bagi para tamu hotel di kawasan wisata Senggigi yang ingin menonton Perang Topat di Pura Lingsar. Event pariwisata dan budaya tahunan yang menjadi simbol tradisi kerukunan umat dari dua agama, yakni Hindu dan Islam itu akan digelar 27 November mendatang.

Kadispar Lobar, M. Fajar Taufik mengakui pihaknya akan berkoordinasi dengan para GM hotel dan pelaku wisata untuk mengajak tamunya menonton event budaya tersebut. Sebagai akomodasi para tamu, pihaknya akan menyiapkan shuttle bus bagi tamu hotel di kawasan Senggigi.

“Kami sudah siapkan shuttle bus bagi tamu, kami koordinasi dengan Dinas Perhubungan atas seizin Bupati, untuk menyiapkan bus mengantar jemput tamu secara gratis,” jelas Taufik, Senin (13/11/2023).

Lewat upaya itu pihakmya berharap penonton Perang Topat akan lebih ramai dari sebelumnya. Terlebih, penyelenggaraan event ini sempat vakum selama pandemi kemarin.

- Advertisement -

Dijelaskan, sebelum puncak perayaan Perang Topat, nantinya event ini akan diisi berbagai rangkaian kegiatan mulai dari H-11. Berbeda dengan event Perang Topat sebelumnya, kali ini pihaknya mendapat dukungan dari Museum NTB yang akan mengadakan pameran benda pusaka yang ada di Kecamatan Lingsar. “Kita didukung Kepala Museum NTB, mengadakan pameran benda pusaka yang ada di Kecamatan Lingsar saat event Perang Topat nantinya,” terangnya.

Selain itu, karena Perang Topat ini masuk dalam kalender Karisma Even Nusantara Nasional, Kemenparekraf dan Dispar NTB pun ikut mendukung promosi untuk pelaksanaan event ini. Tidak hanya mempromosikan, pihak Dispar NTB juga membantu menyiapkan perlengkapan di lokasi perayaan nantinya.

“Alhamdulillah, bukan hanya dalam bentuk promosi, namun (Pemerintah) Provinsi juga menyiapkan tenda untuk event ini,” imbuk Taufik. Terkait kesiapan pelaksanaan event yang semakin dekat, pihaknya sudah melakukan beberapa kali rapat persiapan.

Ekspose rencana event itu juga telah dilakukan ke Bupati dan Kemenparekraf. “Kami harus ekspose lagi ke Pak PJ Gubernur untuk melaporkan kesiapan, dan baru terakhir rapat koordinasi di lokasi acara,” pungkasnya. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer