31.5 C
Mataram
Senin, 17 Juni 2024
BerandaPendidikanSMKN 1 Jonggat Buat Sepeda Motor Listrik, Ini Keunggulannya

SMKN 1 Jonggat Buat Sepeda Motor Listrik, Ini Keunggulannya

Lombok Tengah (Loteng) – SMKN 1 Jonggat, Lombok Tengah berhasil melakukan konversi sepeda motor konvensional yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik. Inovasi sepeda motor listrik itu pun memiliki beberapa keunggulan dibanding sepeda motor konvensional.

Kepala SMKN 1 Jonggat, Ruju Rahmat mengungkapkan dengan menggunakan sepeda motor listrik masyarakat sudah bisa menghemat sekitar 1 juta per tahun. Terutama karena tidak perlu lagi mengganti oli dalam waktu yang cukup lama dan tidak perlu mengisi BBM.

“Kita tidak memakai oli dan tidak memakai knalpot, sehingga ramah lingkungan,” ujar Ruju. Inovasi dengan konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik itu pun dilakukan SMKN 1 Jonggat dengan mengirim guru dan siswa melakukan pelatihan bersama dengan PLN Peduli.

Sepeda motor listrik yang dikembangkan di SMKN 1 Jonggat juga sudah bisa mendukung kecepatan hingga 70 kilometer (km) per jam. “Kecepatan motor listrik ini sekitar 70 km per jam dengan batre 72 volt,” ungkapnya. Pengisian daya juga hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam hingga penuh. (r)

- Advertisement -

Berita Populer