Satu Rumah di Lingkungan Karang Lelede Ludes Terbakar

Pihak kepolisian mengumpulkan informasi dan barang bukti kebakaran salah satu rumah di Lingkungan Karang Lelede, Jumat (21/06/2019) (Inside Lombok/Bayu Pratama)

Mataram (Inside Lombok) – Sebuah rumah di Jalan Deei Anjani Lingkungan Karan Lelede Kelurahan Cilinaya Kecamatan Cakranegara Mataram ludes dilalap si jago merah, Jumat (21/06/2019) sekitar pukul 12.30 Wita. Seluruh isi rumah yang sekaligus dijadikan gudang sembako dan tabung gas LPG habis terbakar.

Rumah milik I Dewa Made Wijana (46) tersebut sedang dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya saat terbakar. Wijana sendiri sehari-hari memang pergi mengurusi tokonya yang berada di Pasar Karang Jasi.

Ketika dimintai keterangan, Wijana mengaku tidak tahu-menahu apa penyebab kebakaran. Begitu diberitahu ada api menyala di rumahnya, dirinya sudah mendapati rumah tersebut habis terbakar.

Kapolsek Cakranegara, Kompol Muslih, yang membenarkan kejadian tersebut menerangkan bahwa kerugian material masil belum bisa ditafsir. Penyebab kebakaran sendiri akan diselidiki lebih lanjut.

“Untuk korban jiwa nihil. Barang yang terbakar berupa 1 unit mobil L 300 warna hitam terbakar pada bagian pintu belakang dan bak sebelah kiri, 1 unit mobil Toyota Artop warna biru terbakar pada bagian body sebelah belakang,” ujar Musleh.

Kebakaran sendiri pertama kali diketahui oleh seorang saksi bernama Dewa Yoga (14) yang kebetulan melintas di depan rumah korban dan melihat ada kepulan asap beserta api pada bagian belakang mobil yang terparkir di garasi rumah korban. Garasi tersebut kebetulan difungsikan juga untuk menaruh barkardus-kardus makanan ringan, minuman, serta tabung LPG. Melihat hal tersebut, Yoga segera memberitahu korban.

Wijana yang segera pulang mendengar kabar tersebut melihat gudang sudah dalam keadaan terbakar kemudian meminta bantuan masyarakat untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api dengan cepat merambat ke bagian rumah yang juga dipenuhi kardus maupun plastik dari minuman dan makanan ringan.

Bahaya: tim pemadam berusaha memadamkan api yang menyala di samping tumpukan tabung gas LPG terlebih dahulu saat terjadi kebakaran di salah satu rumah di Lingkungan Karang Lelede, Jumat (21/06/2019) (Inside Lombok/Bayu Pratama)

Karena api semakain membesar, warga sekitar segera menghubungi pemadam kebakaran. Setidaknya 6 Unit Damkar Kota Mataram dengan dibantu 2 Unit Water Canon Polres Mataram dan Polda NTB segera turun ke lokasi melakukan pemadaman. Walaupun begitu api baru dapat dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian.