950 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Pilkades dan Tahun Baru

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Polres Lombok Tengah menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Ops Lilin Rinjani Natal dan Tahun Baru 2021 serta pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Senin (21/12) pagi di Alun-alun Tastura Praya.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho dalam kesempatan itu mengatakan, dalam bulan ini ada beberapa kegiatan yang harus diamankan oleh personel Polres Lombok Tengah bersama TNI dan Instansi terkait.

Kegiatan tersebut yakni perayaan natal dan tahun baru 2021 serta kegiatan Pilkades yang akan diselenggarakan oleh 16 Desa di Kabupaten Lombok Tengah.

“Dua agenda itu akan kita amankan”,katanya.

Dia menjelaskan, dalam pengamanan Operasi Lilin Rinjani 2021, Polres Lombok Tengah menerjunkan sebanyak 150 personel yang terbagi dalam delapan pos pengamanan dan pos pelayanan.

“Untuk Operasi Lilin sendiri, kita terjunkan 150 personel yang terbagi di tiap-tiap pos pengamanan dan pelayanan yaitu sebanyak 8 di wilayah Lombok Tengah”,ujar Esty.

Sementara untuk pengamanan Pilkades, Polres Lombok Tengah mengerahkan sebanyak 800 personel gabungan yang terdiri dari personel Polres Lombok Tengah, personel TNI, personel BKO Brimob, BKO Dalmas Polda, Pol PP dan Linmas yang sudah terbentuk di setiap desa yang melaksanakan Pilkades.

“Personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait sudah kita atur di 200 TPS yang ada, sedangkan selebihnya nanti melaksanakan patroli mobile”,terangnya.

Dalam pelaksanaan Pilkades ini, Esty mengimbau agar para calon kepala Desa melaksanakan kegiatan Pilkades dengan berintegritas.

Selain itu, Pilkades jangan dijadikan sebagai ajang perjudian sehingga tidak menimbulkan konflik ataupun pertikaian di masyarakat.

“Itu himbauan saya agar tidak menimbulkan konflik atau pertikaian di tengah masyarakat”,katanya.