26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaRagamPengunjung IC Makin Meningkat di 10 Malam Terakhir Ramadan

Pengunjung IC Makin Meningkat di 10 Malam Terakhir Ramadan

Mataram (Inside Lombok) – Bulan Ramadan dimanfaatkan oleh umat Islam untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Biasanya, pada 10 hari terakhir Ramadan banyak masyarakat yang melakukan iktikaf di masjid, salah satunya di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC) Mataram.

Salah seorang jemaah asal Kabupaten Lombok Barat, Anggraeni mengatakan sisa Ramadan tahun ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Upaya yang dilakukan yaitu dengan iktikaf atau berdiam diri di masjid. “Malam Jumat ini saya mulai iktikaf di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram,” katanya.

Ibadah di Islamic Center Mataram akan dilakukan hingga akhir Ramadan. Kegiatan ibadah di masjid disebut lebih khusyu. “Selama di masjid kan kita salat isya, tarawih, tadarus, tahajud lengkap ibadah yang kita lakukan,” ujarnya.

Iktikaf di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center bukan pertama kalinya dilakukan. Karena Iktikaf sudah dilakukan sejak sebelum Covid-19. Karena ibadah yang dilakukan terasa lebih nikmat. “Ramadan tahun lalu juga pernah saya kesini. Tahun ini diusahakan sampai akhir Ramadan,” katanya.

- Advertisement -

Jemaah lainnya, Evi mengatakan sudah beberapa malam ikut iktikaf di Islamic Center. Ibadah yang dilakukan ini juga merupakan program yayasan yaitu iktikaf khusus di 10 malam terakhir. “Di sini kita bagi-bagi buah, makanan untuk berbuka dan sahur kepada jamaah,” katanya.

Selama ini, belum pernah melakukan iktikaf terutama pada bulan Ramadan. Namun setelah mengikuti program-program yayasan iktikaf yang dilakukan bukan hanya untuk diri sendiri melainkan jamaah yang lainnya. “Kita juga diamanahkan melayani umat. Beda jadinya kita. Bukan untuk diri sendiri tapi juga bagi-bagi makanan kepada jamaah,” ujarnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer