27.5 C
Mataram
Sabtu, 20 April 2024
BerandaTradisi BudayaMomen Iduladha, Masyarakat Ramai Berziarah Kubur

Momen Iduladha, Masyarakat Ramai Berziarah Kubur

Lombok Timur (Inside Lombok) – Momen hari raya merupakan momen yang selalu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung dan berziarah ke makam keluarga. Seperti halnya pada momen Iduladha tahun ini.

Sama halnya dengan Idulfitri, saat Iduladha masyarakat banyak yang berkumpul dengan keluarga. Kemudian untuk mengenang keluarga yang sudah meninggal dunia, masyarakat biasa berziarah, memberikan doa sekaligus membersihkan makam keluarga.

“Kita berziarah makam untuk mengenang keluarga yang sudah meninggal di momen bahagia seperti lebaran ini,” ucap salah seorang warga, Wina Anggraini saat ditemui Inside Lombok di lokasi makam di Lombok Timur, Jumat (30/06).

Ziarah kubur pada momen hari raya memang sudah menjadi tradisi di tengah-tengah masyarakat. Jika ditelisik lebih mendalam, ziarah kubur bukan hanya untuk memanjatkan doa keselamatan bagi keluarga yang sudah meninggal, melainkan juga memiliki pesan tersirat seperti mengingatkan dengan kematian, mengingat keluarga, dan mempererat silaturahmi.

- Advertisement -

“Kita bersama-sama dengan keluarga besar untuk berkunjung ke makam keluarga-keluarga yang telah meninggal sambil membersihkan kuburnya,” ucap Yusron, salah seorang peziarah kubur lainnya.

Ziarah kubur yang dilakukan pada momen lebaran merupakan bagian dari bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan juga umur yang panjang. “Seperti biasa, ziarah kubur kita lakukan untuk memanjatkan doa dan memohonkan ampunan kepada diri sendiri dan tentunya keluarga yang sudah meninggal,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer