Museum NTB Tanamkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Museum Melalui Lomba Cerdas Cermat

401
Para peserta bersiap-siap menjawab soal di meja masing-masing dalam Lomba Cerdas Cermat Museum se-Pulau Lombok di Aula Museum Negeri NTB, Selasa (25/06/2019) (Inside Lombok/Bayu Pratama)

Mataram (Inside Lombok) – Berbagai kegiatan terus dilakukan Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mendekatkan museum ke masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum untuk tingkat SMP sederajat se-Pulau Lombok.

Kepala Seksi Penyajian dan Layanan Edukasi Museum NTB, Sukiyah, menerangkan bahwa Lomba Cerdas Cermat Museum tersebut merupakan program rutin tahunan dari Museum NTB. Tujuan dari diadakannya Lomba Cerdas Cermat sendiri adalah untuk mewujudkan generasi muda yang cerdas dan memiliki rasa nasionalisme.

“Kami ingin mewujudkan generasi muda peserta didik yang cerdas, cendikia, dan berkarakter budaya Indonesia. Melalui cerdas cermat ini kita ingin menanamkan rasa cinta tanah air,” ujar Sukiyah, Selasa (25/06/2019) saat ditemui tengah-tengah acara Lomba Cerdas Cermat di Aula Museum NTB.

Lomba sendiri dibagi menjadi lima sesi dimana para peserta akan beradu tangkas menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menguji wawasan seputar kebudayaan, sejarah, dan kepahlawanan. Sukiyah sendiri berharap agar kegiatan ini juga bisa menumbuhkan apresiasi anak muda terhadap keberadaan museum dan warisan nenek moyang.

Dari masing-masin Kabupaten/Kota sendiri diundang untuk mengirimkan dua regu sebagai peserta Lomba Cerdas Cermat Museum. Masing-masing regu berisi tiga orang peserta.

Sebelumnya lomba serupa juga telah dilakukan di Kota Dompu, Selasa (18/06/2019), guna menyaring pemenang dari Pulau Sumbawa. Keluar sebagai pemenang untuk Lomba Cerdas Cermat Museum se-Pulau Sumbawa adalah SMPN 1 Sumbawa.

Sedangkan untuk Pulau Lombok perwakilan dari masing-masing Kabupaten/Kota adalah MTSN 1 Mataram, SMPN 6 Mataram, SMPN 1 Praya Timur, SMPN 4 Praya Barat Daya, SMPN 5 Narmada, SMPN 1 Selong dan lain-lain.

Diterangkan Sukiyah kedua pemenang baik dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa kemudian akan beradu tangkas lagi dalam lomba serupa untuk menjadi wakil NTB dalam Lomba Cerdas Cermat Permusiuman di Jakarta pada bulan Oktober mendatang. Lomba tingkat nasional tersebut sekaligus untuk memeriahkan Hari Museum Nasional.

Lomba Cerdas Cermat Museum ini sendiri memang ditujukan untuk tingkat SMP/MTS sederajat. Diterangkan Sukiyah hal tersebut memang arahan dari pusat. Dirinya sendiri berharap untuk tahun depan kegiatan serupa bisa diadakan kembali dengan penambahan untuk tingkat SMA/SMK sederajat.

Pemenang dari Lomba Cerdas Cermat Museum sendiri akan ditentukan sekitar bulan Agustus mendatang dengan mengadu juara dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Masing-masing pemenang sendiri akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, piala, serta piagam penghargaan.