Mataram (Inside Lombok) – Badan Pusat Promosi Daerah (BPPD) NTB mempromosikan destinasi wisata Lombok dan Sumbawa melalui kegiatan Lombok Sumbawa Business Matching di Balikpapan pada 17–19 November 2025, dengan target potensi transaksi mencapai Rp11 miliar serta menarik wisatawan Kalimantan Timur untuk berkunjung ke NTB.
Ketua BPPD NTB, Sahlan M Saleh, mengatakan kegiatan tersebut menjadi langkah memperluas promosi pariwisata NTB, tidak hanya ke wisatawan mancanegara tetapi juga domestik, termasuk dari Kalimantan Timur. “Potensi transaksi Rp11 miliar dan potensi kunjungan 600.000 wisatawan dari Kaltim setidaknya kita dapat 20 persen saja bagus,” ujarnya, Selasa (18/11).
Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan load factor penerbangan langsung rute Lombok–Balikpapan maupun Balikpapan–Lombok agar dapat beroperasi setiap hari. “Supaya tercapai penerbangan langsung setiap harinya dari rute-rute penerbangan langsung yang ini,” ucapnya.
Pelaksanaan business matching tersebut melibatkan pelaku industri pariwisata NTB, mulai dari perhotelan, restoran, hingga agen perjalanan. “Dengan keterlibatan semua industri pariwisata NTB diharapkan kerja sinergi untuk mencapai kunjungan wisatawan yang tinggi di Lombok dan Sumbawa,” tuturnya.
Ia menambahkan, NTB memiliki sejumlah destinasi yang menjadi daya tarik wisatawan, terutama wisata alam, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik. “Harapannya peningkatan kunjungan wisatawan dari Kalimantan Timur melalui penerbangan langsung Balikpapan Lombok dan mendukung quality tourism menuju NTB mendunia,” ungkapnya.
Sahlan menyebut pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan institusi terkait di Kalimantan Timur untuk mendukung keberlanjutan sektor pariwisata. “Kami juga sudah melakukan penandatanganan MOU antara BPPD NTB san BPPD Kaltim guna meningkatkan promosi pariwisata,” demikian.

