32.5 C
Mataram
Minggu, 29 September 2024
BerandaBerita UtamaTata Pasar Cakranegara, Disdag Kota Mataram Minta Anggaran Rp12 Miliar

Tata Pasar Cakranegara, Disdag Kota Mataram Minta Anggaran Rp12 Miliar

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Perdagangan Kota Mataram mengusulkan anggaran penataan Pasar Cakranegara kepada pemerintah pusat. Alokasi anggaran yang diminta mencapai Rp12 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Uun Pujianto mengatakan penataan di Pasar Cakranegara perlu dilakukan untuk mengurai kemacetan di jalan utama. Di mana, rencana penataan tersebut yaitu memindahkan semua pedagang yang ada di lantai dasar.

Dengan pengaturan saat ini, Pasar Cakranegara memiliki dua lantai. Khusus di lantai dua lebih banyak untuk para pedagang daging dan kebutuhan pokok lainnya. Sementara di lantai dasar dimanfaatkan lebih banyak untuk konveksi. Sehingga para pengunjung parkir di bahu jalan.

“Kalau bisa di Pasar Cakra itu nanti di lantai atas itu dagang sembako dan bawahnya parkiran, supaya tidak macet. Anggaran yang diusulkan Rp12 miliar insyaallah sampai rampung,” katanya.

- Advertisement -

Ia mengatakan, dengan penataan ini lantai dua di salah satu pasar tradisional di Kota Mataram tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Karena nantinya semua pedagang yang ada di lantai bawah akan dipindah.

“Pasti dipakai semua nanti. Semua nanti diatas. Khusus parkiran nanti yang dibawah itu,” terangnya.

Rencana penataan pasar ini akan segera diusulkan kepada pemerintah pusat. Jika disetujui, maka bisa segera direalisasikan. “Tergantung anggaran dari kementerian baru bisa tahu kapan direalisasikan. Semoga disetujui oleh kementerian,” katanya.

Jumlah pedagang di Pasar Cakranegara disebut tidak terlalu banyak. Di mana, jumlah pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber retribusi yaitu sebanyak Rp600 ribu per hari. “Kecil dia. Jadi kalau kita tata insyaallah lah (meningkat),” katanya. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer