33.5 C
Mataram
Jumat, 25 Oktober 2024
BerandaEkonomiMinggu Kedua Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas Merangkak Naik

Minggu Kedua Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas Merangkak Naik

Lombok Timur (Inside Lombok) – Harga sejumlah barang atau komoditas di pasar kini sudah mulai terlihat tren kenaikannya lagi pada minggu kedua bulan suci Ramadan. Antara lain daging ayam, kacang-kacangan, sayur dan bahan pokok penting (bapokting) lainnya.

Wakil Kepala Pasar Masbagik, Sofiyanto mengaku beberapa komoditas bapokting pada minggu kedua bulan Ramadan sudah mulai menunjukkan angka kenaikan. Namun ada juga beberapa komoditas juga yang mengalami penurunan.

“Sudah terlihat pergerakan angka kenaikan pada minggu kedua, tapi tidak terlalu signifikan,” terangnya pada Inside Lombok, Selasa (04/04).

Beberapa komoditas memang terlihat kenaikan harganya tak begitu drastis jika dibandingkan dengan minggu pertama bulan Ramadan atau minggu terakhir bulan Maret, di mana kenaikan berkisar pada harga Rp500 sampai Rp1.500.

- Advertisement -

Sementara komoditas yang mengalami kenaikan yang cukup drastis yakni pada daging ayam ras naik rata-rata sebanyak Rp5.000, di mana harganya saat ini mencapai Rp40.000 per kilogram untuk daging utuh dan Rp45.000 per kilogram untuk daging dada.

“Harga ayam memang naik saat ini, bulan lalu atau minggu pertama Ramadan harga daging utuh di angka Rp30.000 dan daging dada Rp35.000,” terangnya.

Kenaikan harga daging ayam tersebut disebabkan lantaran tingginya permintaan pada bulan Ramadan ini, namun harga tentu saja akan bertambah tinggi terlebih pada saat menjelang lebaran dikarenakan permintaan yang sangat tinggi pada momen itu.

“Sepertinya menjelang lebaran akan naik, kita lihat minggu besok jika naik kemungkinan besar mendekati lebaran pasti naik, karena kebutuhan sangat meningkat tapi stoknya masih banyak,” jelasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer