27.5 C
Mataram
Rabu, 23 Oktober 2024
BerandaLombok TimurDisdukcapil Lotim Percepat Perekaman KTP Pemilih Pemula

Disdukcapil Lotim Percepat Perekaman KTP Pemilih Pemula

Lombok Timur (Inside Lombok) – Guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu 2024 mendatang, Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Timur (Lotim) percepat perekaman e-KTP melalui program Kegiatan Inovasi Pelayanan Adminduk di Sekolah (Kipas).

Dalam kegiatan launching program tersebut, Penjabat Bupati Lotim, M. Juaini Taofik mengatakan pelayanan adminduk di sekolah diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu 2024. “Nantinya sasaran program ini untuk siswa-siswi yang berumur 17 tahun pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang dengan terlebih dahulu melakukan perekaman,” ucapnya, Rabu (01/11/2023).

Nantinya para pemilih pemula tersebut jika tidak dapat surat panggilan untuk menyalurkan hak suaranya di TPS, bisa menggunakan bukti perekamannya meski belum memiliki e-KTP dalam bentuk fisik. “Nantinya pemilih pemula dapat menyalurkan hak pilihnya menggunakan bukti perekaman meski belum memiliki e-KTP fisik,” terangnya.

Diungkapkan Juaini, salah satu program prioritas dirinya yang ditugaskan oleh Presiden Mendagri yakni menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada 2024 mendatang. “Tugas kita yakni menyukseskan penyelenggaraan pemilu berdasarkan undang-undang dan KPUD,” jelasnya.

- Advertisement -

Adapun potensi pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang berjumlah sekitar 28 ribu dan saat ini yang sudah melakukan perekaman yakni sekitar 17 ribu lebih. “Sisanya terus kita kejar menjelang pemilu 2024,” tuturnya.

Untuk itu, demi mempermudah proses perekaman di sekolah Pemda Lotim memberikan tiga unit mobil untuk digunakan oleh tim untuk terjun ke lapangan. Mobil itu sendiri diberikan oleh Pemda Lotim dalam bentuk pinjam pakai. (den)

- Advertisement -

Berita Populer