28.5 C
Mataram
Rabu, 23 Oktober 2024
BerandaSosokI Wayan Karioka Ajak Anak Muda Jadi Pemimpin dan Pengusaha Hebat

I Wayan Karioka Ajak Anak Muda Jadi Pemimpin dan Pengusaha Hebat

Mataram (Inside Lombok) – Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI PT) NTB menggelar program Inspirative Talk (INSTA) dengan dua narasumber hebat. Antara lain mantan Managing Director ITDC Mandalika, Ir. I Wayan Karioka M.H. dan pengusaha muda dari Kota Mataram, Anton Setyo Nugroho S.Pi.,LLB.,M.P.,M.Agr.,Ph.D.

Mengambil tema “Be a Good Leader and Smart Entrepreneur”, program ini ditujukan untuk memberi ruang bagi anak-anak muda mendapatkan tambahan wawasan tentang kepemimpinan dan kewirausahaan.

Sebagai narasumber utama, I Wayan Karioka memaparkan pada para peserta bahwa untuk menjadi seorang yang sukses dibutuhkan jiwa kepemimpinan yang baik. Yaitu dengan memahami bagaimana karakter setiap orang yang ada dalam tim. “Untuk mencapai suatu tujuan, kita itu perlu menjadi seorang leader, bukan seorang bos. Seorang leader akan mengayomi sedangkan seorang bos cenderung akan memerintah dengan cara-cara yang kurang efektif,” jelas Mantan Direktur Marketing dan SDM PT PP. Tbk tersebut.

Karioka juga turut menyoroti perkembangan bidang pariwisata NTB, khususnya di Pulau Lombok. Sebagai mantan Managing Director ITDC, ia melihat sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan karena keunggulan sumber daya alamnya.

- Advertisement -
I Wayan Karioka (kaos biru) berfoto bersama peserta dan penyelenggara INSTA HIPMI PT NTB. (Inside Lombok/Ist)

“Untuk mengelola dengan baik, diperlukan kerja sama berbagai pihak. Baik itu pemerintah, pengelola wilayah dan masyarakat juga mesti berkolaborasi untuk kemajuan pariwisata Lombok, pengambil kebijakan mestinya ialah orang-orang yang punya kapasitas dan kompetensi yang mumpuni serta memahami persoalan-persoalan di lapangan, sehingga dapat diambil kebijakan-kebijakan yang efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada,” sambun Waka, sapaan akrabnya.

Karena itu, bertepatan dengan tahun politik saat ini, momen pemilu di 2024 mendatang menjadi krusial untuk memilih pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan kriteria tersebut. Sebagai seorang pengusaha, Waka turut memberikan inspirasi kepada anak-anak muda, khususnya peserta program INSTA HIPMI PT NTB untuk menjadi seorang pengusaha.

Keberadaan pengusaha diakui penting untuk terus ditumbuhkan, karena peranannya dalam membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memajukan perekonomian suatu daerah. “Anak-anak muda perlu diberikan wadah untuk belajar berwirausaha serta kesempatan untuk menjadi pengusaha muda,” paparnya. (r)

- Advertisement -

Berita Populer