32.5 C
Mataram
Minggu, 29 September 2024
BerandaMataramPerkenalkan Batik Daerah Secara Luas, Dekranasda Kota Mataram Gelar Lomba Rancang Busana

Perkenalkan Batik Daerah Secara Luas, Dekranasda Kota Mataram Gelar Lomba Rancang Busana

Mataram (Inside Lombok) – Untuk memperkenalkan lebih luas batik Mataram, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Mataram menggelar lomba rancang busana kerja. Para peserta yang ikut tidak saja para desainer dari Kota Mataram namun dari kabupaten dan kota di NTB.

Ketua Dekranasda Kota Mataram, Kinnastri Mohan Roliskana mengatakan sebelum lomba rancang busana, digelar juga lomba desain batik Mataram. Dari hasil desain tersebut dilanjutkan dengan merancang busana. “Dengan melombakan dari mulai desain batiknya terlebih dahulu utk desain Batik Mataram, kemudian lomba rancang busana,” katanya, Senin (4/12) pagi.

Kegiatan yang digelar juga bertujuan untuk bisa memperkenalkan batik khas Mataram kepada masyarakat lebih luas. Karena hampir di berbagai daerah memiliki kekhasan motif batik tersendiri. “Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, memiliki pesona dan keunikan tersendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa waktu yang lalu karya batik Mataram sudah pernah diangkat. Namun ia menilai masih perlu disebarluaskan lagi khasanah karya batik Mataram, baik dari sisi desain maupun pemakaiannya.

- Advertisement -

“Tahun ini Dekranasda Kota Mataram menginisiasi kegiatan Lomba Rancang Busana Batik Mataram, dan alhamdulilah dengan jangkauan peserta wilayah NTB, para peserta tidak hanya Kota Mataram. Namun juga dari Kabupaten Sumbawa, Dompu, Lombok Timur, Lombok Tengah serta Lombok Barat,” ungkapnya.

Melalui lomba rancang busana, kata Kikin sapaan akrabnya, memberikan peluang luar biasa bagi para desainer muda untuk menggali kreativitas. Tidak hanya itu melalui motif-motif dan rancangan juga tetap memelihara nilai-nilai tradisional.

“Lomba ini kiranya juga menjadi ajang untuk mempromosikan Kota Mataram melalui inovasi dan pembaruan dalam dunia busana. Tapi juga memanfaatkan keindahan batik Mataram sebagai media ekspresi,” tegasnya.

Dengan kreativitasnya sambung ketua Dekranasda Kota Mataram ini, peserta dapat menciptakan karya-karya yang tidak hanya memukau mata, tetapi juga membawa pesan dan makna mendalam tentang Kota Mataram.

“Lomba Rancang Busana Batik Mataram, peserta membuat desain pakaian, sedangkan bahan batik diberikan kepada para peserta yg lolos masuk tahap finalis. Bahan batik Mataram tahun ini disediakan dari Dekranasda,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer