26.5 C
Mataram
Senin, 30 September 2024
BerandaLombok TimurDesa Pringgasela Selatan Jadi Tuan Rumah Apresiasi Desa Budaya 2023

Desa Pringgasela Selatan Jadi Tuan Rumah Apresiasi Desa Budaya 2023

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktur Pengembangan dan Pengembangan Kebudayaan (PPK) memilih Desa Pringgasela Selatan menjadi tuan rumah malam puncak Rumah Apresiasi Desa Budaya tahun 2023.

Direktur Pengembangan dan Pengembangan Kebudayaan (PPK), Irini Dewi Yanti mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melaksanakan pemajuan kebudayaan desa. Di mana kegiatan tersebut diakuinya bukan dalam bentuk perlombaan, melainkan apresiasi bagi pihak yang telah melaksanakan kegiatan budaya untuk mempertahankan kearifan lokal.

“Ini bukan lomba, melainkan apresiasi bagi pihak penyelenggara baik itu teman-teman pemuda, masyarakat, perangkat desa yang telah berupaya mewujudkan pemajuan kebudayaan,” terangnya saat Malam Apresiasi Budaya, Rabu (20/12/202).

Program atau kegiatan tersebut lebih ditujukan untuk membangun kemandirian desa. Di mana terdapat sebanyak 230 desa budaya yang dipilih sebagai lokasi kegiatan yang dipilih langsung oleh desa bersangkutan.

- Advertisement -

Sementara itu, Penjabat Bupati Lombok Timur, M. Juaini Taofik mengaku bangga dengan terpilihnya sebagai lokasi kegiatan Rumah Apresiasi Budaya 2023, di mana hal itu diyakini sebagai bentuk kemajuan budaya dan kemandirian desa Pringgasela Selatan sesuai dengan tujuan program. “Tentunya kami merasa bangga dengan Pringgasela Selatan ini, semoga jejaknya dapat diikuti oleh desa lainnya di Lotim,” katanya.

Dalam malam Apresiasi Budaya tersebut terdapat 5 desa yang terpilih menjadi terbaik dan salah satunya merupakan perwakilan NTB. Desa Bayan, Lombok Utara berhasil menjadi yang terbaik, diikuti oleh Desa Lamo (Jambi), Desa Denai Lama (Sumatera Utara), Desa Klungkung dan Desa Pule (Jawa Timur). (den)

- Advertisement -


Berita Populer