25.5 C
Mataram
Jumat, 1 Maret 2024
BerandaAdvetorialIkuti Pameran Mandalika Ekspo Loteng, BBPOM di Mataram Berikan KIE Obat dan...

Ikuti Pameran Mandalika Ekspo Loteng, BBPOM di Mataram Berikan KIE Obat dan Makanan Aman

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sebagai salah satu pilar sistem pengawasan, masyarakat memegang peran penting dalam membentuk konsumen yang cerdas dalam memilih obat dan makanan yang aman. Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang arti penting obat dan makanan yang aman, bermutu dan berkhasiat/bermanfaat, BBPOM Mataram hadir dalam kegiatan Mandalika Ekspo yang ditaja oleh Pemkab Lombok Tengah (Loteng) pada 20-22 Oktober 2023, sebagai rangkaian dari perayaan HUT Loteng ke-78.

Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri menyampaikan bahwa Mandalika Ekspo dihajatkan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di mana terdapat 64 stan UMKM yang berpartisipasi dari berbagai kecamatan, termasuk dari instansi pemerintah. BBPOM di Mataram melakukan edukasi secara langsung kepada masyarakat yang datang seputar obat dan makanan aman, pembagian leaflet, pengenalan BPOM Mobile, serta display contoh produk obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan yang Tidak Memenuhi Ketentuan (tanpa izin edar, mengandung bahan berbahaya).

Bupati Loteng, Lalu Pathul Bahri saat mengunjungi stan BBPOM Mataram di Mandalika Ekspo. (Inside Lombok/Ist)

Selain itu, masyarakat didorong menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dengan selalu Cek KLIK sebelum membeli produk obat dan makanan, cek kemasan, label, izin edar dan kadaluarsa. Untuk menarik minat masyarakat stand BBPOM di Mataram juga memberikan doorprize bagi pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh petugas.

Sosialisasi obat dan makanan aman oleh BBPOM di Mataram saat mengikuti Mandalika Ekspo. (Inside Lombok/Ist)

Pada Minggu pagi 22 Oktober 2023, Kepala BBPOM di Mataram, Yosef Dwi Irwan hadir langsung memberikan sosialisasi seputar obat dan makanan yang aman kepada Tim Penggerak (TP) PKK Loteng. Hadr dalam kesempatan tersebut Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Loteng, Baiq Nurul Aini Fathul Bahri dan Winarsih Nursiah. Meskipun di tengah terik mentari pagi, tidak mengurangi semangat para Ibu PKK dalam mengikuti dan bertanya kepada Kepala BBPOM di Mataram.

- Advertisement -

Ketua TP PKK Loteng, Baiq Nurul Aini Fathul Bahri berharap ke depannya BBPOM di Mataram bisa mendukung dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK Loteng, agar semakin banyak masyarakat yang paham tentang obat dan makananan yang aman. Yosef Dwi Irwan menyambut baik harapan tersebut dan berkomitmen siap untuk memberikan dukungan narasumber secara gratis. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan pembuatan video Kata BPOM. (r)

- Advertisement -

Berita Populer