15 Kapal Pesiar Singgah ke Lombok, Paket Wisata dan Atraksi Disiapkan

739
Ilustrasi Kapal Pesiar (Image Source : InfoPublik)

Mataram (Inside Lombok)- Sebanyak 15 kapal pesiar akan singgah di pelabuhan Gili Mas Lombok Barat pada 2023 mendatang. Beberapa paket wisata dan atraksi disiapkan menyambut ribuan wisatawan yang akan dibawa belasan kapal pesiar tersebut.

“Kita perlu menyiapkan akomodasi kita, destinasi, atraksi seni budaya yang dipertontonkan di hadapan ribuan tamu kapal pesiar,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, Senin (19/9).

Nantinya berbagai atraksi akan ditampilkan agar bisa dinikmati oleh para wisatawan mancanegara (wisman). Seperti pengamalan sebelumnya menerima kunjungan tamu di luar negeri pada event MotoGP, WSBK, MXGP dan sebagiannya.

“Banyak kesenian dan budaya yang dari 10 kabupaten/kota ini yang memang temanya itu penyambutan tamu. Nanti kita pilih mana yang memadai jangan itu-itu saja juga jadi hari bergantian,” terangnya.

Guna mempersiapkan penyambutan bagi wisatawan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Pelindo, sehingga ada kesempatan untuk persiapan yang luas. Begitu juga dengan berbagai paket-paket disiapkan agar dapat ditawarkan kepada wisatawan.

“Tentu kita dorong teman-teman pemilik destinasi, travel agent, pemandu wisata untuk bisa mengembangkan paket-paket wisata,” ucapnya.

Apalagi hadirnya kapal pesiar yang akan singgah di Lombok memberikan dampak luar biasa bagi pariwisata NTB. Terlebih kedatangannya di luar event internasional yang akan digelar di akhir tahun dan juga tahun mendatang di daerah.

“Dalam waktu dekat kita akan bertemu dengan Pelindo terkait dengan kedatangan kapal pesiar tersebut. Ini kapan dan jumlah berapa kita komunikasikan dengan Pak GM Pelindo,” katanya.

Saat ini yang perlu dijamin adalah pelayanan yang baik dan suguhkan yang baik-baik untuk wisatawan. Tentu saja tetap pertahankan orisinalitas wisata. “Pasti semua kita siapkan juga desa wisata. Tahun ini ada 4 kapal pesiar yang datang, tapi nanti kita pastikan,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager PT. Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin mengatakan pada 2023 mendatang ada beberapa kapal pesiar akan datang dan sudah mendaftar untuk sandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, Lombok Barat.

“Di tahun 2023 juga sudah banyak kapal pesiar yang daftar. Sudah ada 15 kapal yang daftar. Sekarang daftarnya sudah lewat online,” ujarnya.

Kedatangan belasan kapal pesiar pada 2023 mendatang akan berdampak terhadap perekonomian NTB dan arus kunjungan wisatawan mancanegara. Untuk itu, agar menarik minat wisatawan turun dari kapal pesiar, perlu disiapkan paket-paket wisata.

“Tinggal sekarang bagaimana menarik turis melalui paket wisata. Paket wisata yang akan menarik supaya penumpang turun menyebar keluar pelabuhan. Sehingga peredaran uang meningkat ke NTB,” jelasnya. (dpi)