Anti Gelap, 22 Desa Wisata di Lobar akan Dapat Hibah Lampu dari Kementerian

44
Zoom meeting soal pemberian hibang lampu untuk desa wisata di Lobar, Rabu (10/08/2022). (Inside Lombok/Ist)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Kurang lebih sekitar 22 desa wisata yang ada di Lobar akan menerima hibah berupa lampu penerang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Hal itu untuk mendukung kemajuan dan pengembangan desa wisata yang ada, khususnya agar tidak gelap gulita.

Terkait teknis dan jenis lampu penerang yang akan diterima desa wisata ini nantinya akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan desa wisata itu sendiri. Sehingga sebelum memberikan hibah, tim dari Kementerian ESDM akan turun melakukan survei terlebih dahulu.

“Untuk pemasangan bola lampu yang akan dihibahkan tersebut sudah harus terpasang sebelum tanggal 10-11 Oktober mendatang, dikarenakan akan ada kunjungan dari Sekjen UNDP,” terang perwakilan Kementerian ESDM, Mirza Rahim saat melakukan zoom meeting dengan Asisten II Setda Lobar Rusditah, bersama Kadispar Lobar H. M Fajar Taufik, dan para kepala desa wisata yang akan menerima hibah tersebut, Rabu (10/08/2022).

Sementara itu Asisten II Setda Lobar, Rusditah menyebut program ini sebelumnya telah melalui proses yang panjang. “Kita dijanjikan 6 ribu bola lampu untuk desa wisata,” bebernya.

Dari lokasi yang sama, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKAD) Lobar, Sahril mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Kementerian ESDM itu.

Menurutnya ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk membantu mengembangkan desa wisata dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

“Kami akan manfaatkan semaksimal mungkin, apa yang menjadi orientasi dari program Kementerian ESDM ini. Dan tentu kita juga berharap kepada dinas terkait untuk memberikan dukungan, binaan, maupun sinergitas sehingga desa wisata ini benar-benar menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Lombok Barat,” harapnya. (yud)