Bangkitkan Pariwisata dengan Kesenian, Pemda Loteng Siapkan “Lelang Kreasi”

45
Rapat persiapan Acara Mandalika Creatif Hub (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng) rencananya akan menggelar Lelang Kreasi Mandalika Creative Hub di Bencingah Adi Guna, Jumat (24/6) mendatang.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Loteng, L. Muhammad Hatta menjelaskan Lelang Kreasi di Mandalika Creative Hub ini merupakan titik simpul perkumpulan dari komunitas pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada di Loteng.

“Lelang kreasi itu bertujuan untuk mengaktifkan ruang kreasi para pelaku seni dari tujuh belas subsektor yang ada di Loteng,” ujarnya, Selasa (20/6/22).

Selain itu, Mandalika Creative Hub ini juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran aktivitas dan kebutuhan pelaku seni dalam berkreasi. “Nanti semua komunitas ini akan menampilkan seluruh kreatifitas yang dimiliki, dan di sana (lokasi acara, Red) akan ada tanya jawab antara pelaku seni ini dengan para SKPD untuk mengetahui apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Selain akan diikuti oleh seluruh SKPD yang ada di Loteng, kegiatan ini juga direncakan mengundang seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dengan begitu pandangan-pandangan yang dimiliki pelaku seni dapat didengar semua pihak.

“Nanti yang dari seni lukis akan menampilkan hasil mereka, untuk seni tari juga akan ditampilkan, begitu juga dengan kreasi yang lain,” ujar Atta.

Ia juga menegaskan, selain akan menjadi wadah bagi para pelaku seni, program itu dipercaya akan membawa warna baru dalam kehidupan masyarakat di Loteng.

“Kita siapkan wadah bagi para pelaku seni, dan di sana tempat mereka menunjukkan kreasi mereka,” pungkasnya. (fhr)