Baznas Mataram Targetkan Himpun Zakat Infak dan Sedekah Sebesar Rp5 Miliar

Mataram (Inside Lombok) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram menargetkan penghimpunan zakat, infak dan sedekah (ZIS) tahun 2021 sebesar Rp5 miliar.

Kepala Baznas Kota Mataram H Mahsar Malacca mengatakan, target tersebut ditimbang berdasarkan realisasi jumlah dana yang berhasil terhimpun pada tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 4,9 miliar.

“Tahun 2020 kemarin dana yang berhasil terkumpul sekitar Rp 4,9 miliar. Sehingga di tahun 2021 ini kita memasang target Rp 5 miliar,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Mahsar mengatakan, untuk mencapai target tersebut penghimpunan ZIS secara rutin dilakukan setiap bulan dari setoran aparatur sipil negara (ASN) muslim di Kota Mataram. Adapun jumlah setoran yang berhasil terkumpul setiap bulannya adalah sekitar Rp300 juta.

“Sebagian besar sumber ZIS yang kita kelola disini berasal dari setoran ASN yang dilakukan secara rutin setiap bulannya. Rata-rata jumlah yang terhimpun dari setoran rutin tersebut berkisar Rp 300 juta,” ungkapnya.

Nantinya, ZIS yang berhasil terhimpun akan disalurkan oleh Baznas melalui berbagai program kemaslahatan umat yang terbagi dalam lima program. Diantaranya yakni Mataram Peduli, Mataram Sejahtera, Mataram Cerdas, Mataram Sehat, dan Mataram Takwa.

Program Mataram Peduli diperuntukkan bagi kaum dhuafa berupa bantuan kepada fakir miskin, bedah rumah, santunan lansia dan bantuan bencana alam. Sedangkan program Mataram Sejahtera adalah pemberian bantuan modal dan bantuan bergulir bagi usaha kecil, Mataram Cerdas berupa program bantuan beasiswa. Mataram Sehat adalah program bantuan bagi warga miskin yang memiliki penyakit berat dan membutuhkan penanganan darurat.

“Sementara program Mataram Takwa merupakan bantuan bagi marbot, guru mengaji, mualaf dan lainnya,” sebutnya.
“Untuk program Mataram takwa sendiri itu nanti lokasinya disini. Nanti mereka kita panggil kesini. Waktunya akan dilaksanakan menjelang lebaran atau akhir puasa,” tutupnya.