Home Berita Utama Begini Kemeriahan Lomba Karnaval Budaya Nyongkolan di Lombok Barat

Begini Kemeriahan Lomba Karnaval Budaya Nyongkolan di Lombok Barat

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat menggelar kegiatan Lomba Karnaval Budaya Nyongkolan sebagai rangkaian kegiatan Deklarasi Pemuda (Kirab Pemuda Tahun 2018) pada hari Kamis (1/11/2018). Kegiatan ini berupa pawai dengan nuansa adat pernikahan Suku Sasak dan diiringi oleh salah satu kesenian musik khas Lombok, Gendang Beleq.

Kegiatan Lomba Karnaval Budaya Nyongkolan ini dimeriahkan oleh beberapa peserta yang merupakan siswa-siswi SMA dan SMK dari wilayah Kabupaten Lombok Barat. Rute jalan yang dilewati saat karnaval ini berlangsung yaitu dimulai dari lapangan Mareje, Gerung sampai halaman Kantor Bupati Lombok Barat.

Iringan awal dibuka oleh pasukan paskibra yang bertugas menggiring bendera merah putih sebanyak 27 orang. Kemudian peserta kirab menyusul di belakangnya yang diiringi sebanyak 20 orang anggota Pramuka. Tim kesehatan dan pendamping juga turut hadir yaitu sebanyak 50 orang.

Tujuan Karnaval Budaya Nyongkolan ini disenggelarakan dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, khususnya untuk membangkitkan semangat kepemudaan pemuda-pemudi Indonesia. Selain itu, kegiatan ini dilaksankan untuk melestarikan budaya Suku Sasak itu sendiri.

Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kreativitas Pemjda Kemenpora, Junaidi, menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan Kirab Pemuda ini sudah dilakukan selama 2 tahun. Jumlah pendaftar online sebanyak lebih dari 11 ribu pemuda dari seluruh Indonesia, namun yang terpilih dalam Kirab Pemuda ini hanya 2 orang mewakili setiap provinsi dari 17 provinsi yang berpatisipasi.

Ia juga berharap agar para peserta yang berpatisipasi dalam kegiatan Kirab Pemuda ini mampu menjadi sosok kader perubahan yang bisa memperkuat bhineka tunggal ika serta persatuan Indonesia.

Pemenang untuk Lomba Karnaval Budaya Nyongkolan ini diraih oleh perwakilan SMAN 1 Gerung sebagai juara pertama, kemudian juara 2 diraih oleh perwakilan SMKN 2 Kuripan dan juara 3 diraih oleh perwakilan SMAN 1 Narmada. Kegiatan ditutup dengan penyerahan pataka dari Deputi Menteri ke Sekda Provinsi NTB dan para peserta Kirab Pemuda Nusantara. (IL4)