26.5 C
Mataram
Senin, 4 Maret 2024
BerandaBerita UtamaBertugas di Desa Terpencil, 11 Bidan Dibekali Randis

Bertugas di Desa Terpencil, 11 Bidan Dibekali Randis

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Bupati Lombok Tengah (Loteng) , Lalu Pathul Bahri memfasilitasi kendaraan dinas (randis) untuk mendukung kinerja para bidan yang bertugas di Pondok Bersalin Desa (Polindes).

Selain untuk mendukung kinerja para bidan, fasilitas tersebut juga diharapkan mampu menunjang pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah terpencil.

“Sepeda motor itu nantinya dapat dimanfaatkan untuk antar jemput pasien. Mengingat keberadaan mereka berada di perbatasan,” katanya saat membagi randis tersebut, Selasa kemarin.

Pathul menyebutkan, randis tersebut merupakan salah satu wujud keseriusan pemda dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Loteng melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Terlebih pemerintah pusat telah menekankan kepada seluruh pemda agar lebih serius menangani permasalahan kesehatan masyarakat, terutama penuntasan kasus stunting.

- Advertisement -

“Kita sebagai pemegang amanah berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan. Seperti instruksi pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Loteng, Suardi mengatakan belum semua bidan dapat difasilitasi randis. Namun pihaknya memprioritaskan kepada bidan yang bertugas di wilayah perbatasan yang lebih membutuhkan.

“Kalau kita berhitung masih jauh dari cukup, tapi yang diberikan saat ini bidan yang bertugas di wilayah perbatasan, kemudian untuk pasien yang berada di pelosok dapat dijangkau,” ujar Suardi.

Adapun beberapa desa yang mendapatkan fasilitas kendaraan yakni, Desa Kopang, Desa Janapria, Desa Batu Jangkih, Desa Wajageseng, Desa Serage, Desa Tumpak, Desa Mangkung, Kelurahan Praya, Desa Teruwai dan Desa Langko. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer