BIL Segera Buka Dua Rute Penerbangan Internasional

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan AirAsia Indonesia akan membuka dua rute penerbangan internasional dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Rute tersebut adalah rute Singapura – Lombok dan Perth (Australia) – Lombok yang akan diluncurkan pada awal Maret 2019.

Kerjasama ini dibicarakan oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah dan Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy kurniawan dalam rapat yang digelar di Kawasan Mandalika Resort, Kamis (17/01/2019). Kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB.

“Kami sangat apresiasi karena menjadikan Lombok sebagai hub penerbangan AirAsia ini adalah keputusan besar dan sangat serius. Ini bisa mengakselarasi peningkatan wisatawan. Bukan hanya internasional, tapi juga domestik,” ujar Zulkieflimansyah.

Selain dua rute tersebut, AirAsia juga akan membuka penerbangan Lombok-Malaysia. Serta rute Lombok – Denpasar dan Lombok – Yogyakarta. Hadirnya AirAsia di BIL tersebut merupakan pembukaan hub penerbangan ke lima di Indonesia yang dilakukan AirAsia.

Menanggapi hal tersebut, Dendy menyampaikan bahwa dipilihnya Lombok sebagai hub penerbangan memang tidak lepas dari potensi wisatanya. Selain itu, dukungan Pemprov juga berperan besar dalam pembukaan hub tersebut.

“Dari sisi pasar, tidak mungkin Lombok dipilih kalau tidak potensial. Selain itu, Gubernur juga welcome, ya. Karena memang visi pembangunan daerah sangat tergantung Kepala Daerahnya,” ujar Dendy.

Dendy juga menyampaikan bahwa pembukaan hub tersebut masih membutuhkan beberapa dukungan dari Pemprov. Antara lain kemudahan regulasi terkait slot penerbangan, dukungan promosi, serta fasilitas di BIL sendiri.

Terkait dukungan yang dibutuhkan, Zulkieflimansyah memastikan Pemprov NTB akan memberi dukungan penuh. Hal tersebut sebagai bukti keterbukaan dan dedikasi Pemprov terkait pengembangan ekonomi NTB.