BPNT Masyarakat Belum Cair, Dinsos Loteng Masih Tunggu Jadwal

70
Ilustrasi BPNT (Image source : bengkuluexpress)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi masyarakat di Lombok Tengah (Loteng) hingga saat ini belum ada kejelasan. Dinas Sosial (Dinsos) Loteng sendiri sampai dengan minggu pertama Juli masih belum mengetahui jadwal pencairan secara pasti.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Loteng, Dede Tsabitul mengatakan keterlambatan penyaluran BPNT tersebut disebabkan adanya perubahan struktur organisasi Kementerian Sosial. Awalnya BPNT dikelola oleh Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial. Namun terjadi perubahan.

“Perkiraan kita ini akan cair pada akhir Juni 2022 kemarin, karena memang siklusnya seperti itu,” katanya Rabu, (6/7/2022) di kantornya.

Ia menjelaskan kebijakan tersebut baik pengelolaan BPNT dan PKH dikelola oleh semua Direktorat Jenderal, hal itu diatur di Permensos terbaru tahun 2022. “Ini yang membuat penyaluran BPNT terhambat sampai saat ini belum cair,” ungkapnya.

Terkait penyaluran BPNT, tetap dilakukan melalui perbankan atau PT. Pos Indonesia. Kendati, pihaknya mengaku belum mengetahui jadwal pastinya lantaran Kementerian Sosial masih tertutup saat dikonfirmasi. “kemungkinan penyalurannya tetap melalui bank,” lanjutnya.

Meski pencairan BPNT tertunda beberapa waktu, pihaknya meminta masyarakat dapat bersabar. Terlebih pencairan dipastikan akan dirapel sejak penundaan terjadi.

“Jika mengacu pada siklus seharusnya BPNT dicarikan setiap bulannya, Pencairan BPNT terakhir kemarin pada bulan April, pencairan yang akan datang semuanya harus dirapel,” tandasnya. (fhr)