BRI Tunggu Usulan Dinas Peternakan untuk Pencairan KUR Lotim Berkembang

Lombok Timur (Inside Lombok) – Hingga kini Bank BRI Cabang Selong masih menunggu usulan dari Dinas Peternakan Lombok Timur (Lotim) untuk pencairan bantuan Kridit Usaha Rakyat (KUR) Peternakan atau program Lotim Berkembang.

Bantuan peternakan tersebut sudah diresmikan oleh Pemerintah Daerah (Pemkab) Lotim. Pimpinan BRI Cabang Selong, Aroef Sarifudin mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru menerima sebanyak 250 berkas calon peternak dan sudah ditindak lanjuti di semua Unit BRI yang ada di Lotim.

“Nanti kalau sudah kami tindak lanjuti kami minta pendampingan dari dinas peternakan kapan jadwalnya dikunjungi. Ada yang sudah kami kunjungi dan ada yang belum,” terangnya kepada awak media di Kantor Bupati Lotim, Kamis (15/04/2021).

Kata dia, pihaknya sudah berkomitmen untuk menindak lanjuti berapa pun jumlah peternak yang akan diajukan oleh Dinas Peternakan untuk mendapatkan bantuan modal tersebut.

“Targetnya kami sebanyak 2.500 peternak sesuai yang diberikan CPP, kalau kami ditambahi berkas lagi kami siap akan tindak lanjuti, jadi kami ngikut Dinas Peternakan,” imbuhnya.

Adapun saat ini jumlah peternak yang ada di BRI yaitu sebanyak 491 peternak dari jumlah target sebanyak 2.500 peternak. Pihak BRI siap menindak lanjuti jika terdapat usulan calon peternak untuk mendapat bantuan KUR Lotim Berkembang dari Dinas Peternakan.

Aroef menambahkan, sebelum para peternak mendapatkan bantuan KUR Lotim Berkembang tersebut, pihak BRI melakukan survey kepada peternak untuk melihat layak atau tidaknya mendapatkan KUR tersebut.

Adapun para calon penerima bantuan tersebut harus lulus dari uji slip, dan tidak boleh ada pinjaman atau sedang menikmati pinjaman dari bank lain untuk bisa mendapatkan KUR.

” Historis calon peternak yang akan mendapat bantuan yaitu tidak boleh macet di bank lain atau di BRI. Juga yang kami tolak, para peternak ini karena lagi macet setoran di BRI, prosedur nya kita sudah jelas,”imbuhnya.