‘Catwalk’ Ditabrak Kapal, Dermaga I Pelabuhan Lembar Ditutup Sementara

Lombok Barat (Inside Lombok) – Catwalk atau jembatan yang menghubungkan dermaga dengan dolpin (tempat kapal bersandar) pada dermaga I pelabuhan penyebrangan ASDP Lembar saat ini ditutup sementara. Lantaran mengalami kerusakan setelah ditabrak oleh salah satu kapal yang hendak bersandar.

“Saat ini dermaga I ditutup untuk sementara waktu, sambil menunggu proses perbaikan selesai,” kata Kapolsek Pelabuhan Lembar, Iptu I Made Dharma, Jum’at (04/06/2021).

Namun, penutupan salah satu dermaga itu dapat dipastikan tidak sampai mengganggu arus bongkar muat kapal yang bertolak maupun bersandar di sana. Karena saat ini, dermaga II dan III masih tetap beroperasi seperti biasanya.

“Kan di sini ada tiga dermaga dan ditambah satu lagi dermaga darurat. Jadi, dapat dipastikan masih bisa menampung proses bongkar muat saat ini,” jelasnya.

Ia menuturkan, insiden yang terjadi pada Rabu 2 Juni 2021 lalu itu berawal saat ada salah satu kapal akan bersandar di lokasi. Namun, pada saat akan maju untuk melakukan proses bongkar muat, tiba-tiba mesin kanan kapal tersebut tidak bisa disetop. Sehingga kapal tidak bisa dikendalikan dan tetap maju hingga menabrak catwalk dermaga I.

“Saat itu posisi kapal maju pelan ketika sedang passing dengan kapal lainnya. Tapi karena mesin kanan tidak bisa disetop, maka kapal menabrak catwalk” Bebernya.

Saat ini kepolisian sudah memasang garis pembatas sebagai peringatan bahwa titik tersebut masih dalam perbaikan. Dharma memaparkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Tetapi ada dua kendaraan truk sedang yang mengalami rusak ringan pada bagian depannya.

Sementara manager usaha ASDP Lembar, Samiun menyebut saat ini pihaknya masih melakukan survei untuk mengecek kerusakan pada jembatan penghubung tersebut.

“Sekarang ini tim sedang melakukan survei mengecek kerusakan yang ada di dermaga I” tandasnya, saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp.