Dinsos Lotim Dorong Adanya Lembaga Sosial Desa

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dinas Sosial (Dinsos) Lombok Timur, mendorong pertumbuhan lembaga sosial di tengah masyarakat, khususnya di tingkat desa. Hal tersebut digaungkan dikarenakan keberadaan lembaga tersebut dinilai mampu mempercepat penanganan sosial di tengah masyarakat.

Sekertaris Dinsos Lotim, Ahyan mengatakan bahwa pihaknya mendorong agar terbentuknya Lembaga Sosial Desa (LSD) yang berada di tengah masyarakat untuk membantu keluhan dan pelaporan masyarakat agar bisa ditangani oleh Dinsos Lotim.

“Nantinya dengan keberadaan LSD ini bisa mempermudah koordinasi permasalahan masyarakat kepada para pekerja sosial dibawah naungan kami,” ucapnya kepada awak media, Rabu (24/03/2021).

Tak banyak LSD yang sudah berdiri di Lotim, sehingga ia terus mendorong agara LSD di tengah masyarakat bisa semakin banyak. Ke depan permasalahan sosial di tengah masyarakat bisa tertangani dengan baik.

“Kita berharap agar semakin banyak pertumbuhan LSD di Lotim,” katanya.

Dikatakan Ahyan, selama ini pihaknya jarang mengetahui kondisi kebutuhan sosial masyarakat di bawah karena jalur pelaporan kasus atau pemenuhan kebutuhan terhadap masyarakat seperti kelompok difabel lebih banyak diketahui di tingkat desa dan tidak berlanjut ke pemerintah atas.

“Laporan cepat penanganan terhadap permasalahan masyarakat juga cepat. Tentunya dengan kita sesuaikan dengan kemampuan kita,” ujarnya.