Fasilitas di Giong Siu Mulai Dilengkapi

Destinasi wisata di Giong Siu mulai ditata (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Penataan Giong Siu sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi mulai dilakukan. Tidak saja pemerintah, masyarakat di Kelurahan Babakan juga mulai menata dan membuat event di salah satu destinasi wisata alam tersebut.

Anggota DPRD Kota Mataram, Suherman mengatakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Giong Siu masyarakat setempat melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pengunjung. Selama ini, kunjungan sangat sepi karena kurangnya fasilitas serta tidak ada kuliner yang tersedia.

“Sepekan ini dari unsur Pokdarwis dan masyarakat sudah menata kembali Giong Siu sudah siap dikunjungi masyarakat,” katanya, Jumat (2/12) siang.

Penataan ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat serta memperkenalkan kepada wisatawan bahwa destinasi tersebut layak untuk dikunjungi. Selain itu, upaya yang dilakukan juga untuk mempersiapkan Giong Siu ikut pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

“Mendukung dan menyongsong rencana Dinas Pariwisata untuk menjadikan Giong Siu ikut pada ADWI itu,” ujar Herman.

Ia menjelaskan, keberadaan Giong Siu sebagai destinasi wisata tengah kota memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya bisa dijadikan sebagai tempat berkemah, tempat pelaksanaan resepsi dengan konsep alam dan lainnya. Sementara untuk akses jalan, tahun ini mulai dibuka jalur ke Giong Siu.

“Ini sudah ditata. Ada kuliner dan UMKM juga di Giong Siu,” katanya. Diketahui, tahun ini Pemkot Mataram mengusulkan destinasi Loang Baloq untuk mengikuti ajang tersebut. Tahun ini merupakan tahun kedua ikut terlibat pada kegiatan ADWI.

Pada ADWI yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebanyak tujuh kategori yang dilombakan. Seperti CHSE atau clean health safety dan environment, fasilitas umum seperti toilet dan sebagainya.

Fasilitas lain yang akan dilengkapi yaitu ayunan. Karena destinasi wisata Giong Siu banyak pepohonan serta nuansa persawahan, lokasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berkemah. (azm)