Fenomena Kabut Tebal di Sejumlah Wilayah Lotim, Ini Penjelasan BMKG

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kabut tebal melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) khususnya di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Aikmel, Masbagik, dan Pringgasela. Kabut tebal tersebut terjadi pada Senin (18/01/2020) sekitar pukul 18.00 wita setelah diterpa hujan lebat sejak siang hari.

Prakirawan Cuaca BMKG NTB, Agastya Ardha Chandra Dewi menjelaskan kabut biasanya dapat ditemui di daerah ketinggian seperti perbukitan dan pegunungan. Akan tetapi jika kabut ditemui di daerah dataran rendah dikarenakan kondisi udara dingin. Kemudian butiran air yang sangat kecil mengendap sehingga menyebabkan jarak pandang menjadi menurun.

“Hal ini juga dipengaruhi kelembaban yang cukup tinggi di daerah tersebut. Sehingga uap air yang turun membuat suhu di lapisan dekat permukaan bumi lebih dingin dibanding di atasnya,” jelasnya saat dihubungi Inside Lombok melalui WhatsApp, Selasa (19/01/2020).

Lanjutnya, kabut akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Posisi matahari yang semakin tinggi dan suhu permukaan bumi yang semakin naik perlahan akan menghilangkan uap yang melayang di dekat permukaan tanah.

“Menurut prakiraan cuaca, kabut masih akan terjadi di Lotim. Biasanya kabut ini muncul jika sehari sebelumnya terjadi hujan dan kelembaban yg cukup tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Barat (NTB) memprediksi puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Bulan Januari dan Februari 2021.