Festival Qasidah, Ajang Menggali Potensi Seni Qasidah di Lotim

29
Festival Qasidah yang ada di Kabupaten Lombok Timur, Rabu (03/08/2022). (Inside Lombok/PKP Setda Lotim)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) kembali melaksanakan Festival Qasidah untuk menggali potensi seni qasidah di Lotim.

Festival ini merupakan ajang untuk mencari bintang vokalis qasidah, bintang vokalis religi dan juga rebana klasik. Hal itu dilakukan mengingat masih banyaknya potensi qasidah yang tersebar di semua kecamatan yang ada di Lotim sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar grup qasidah.

Bupati Kabupaten Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh LASQI DPD Lotim yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, menurutnya melalui festival tersebut juga untuk menyaring potensi seni qasidah yang ada di Lotim.

“Melalui festival ini juga agar qasidah dapat dibina dan dapat membawa harum nama Lombok Timur,” tuturnya saat membuka Festival Qasidah di Pendopo Bupati Lotim, Rabu (03/08).

Bupati menekankan agar melihat unsur terpenting dari penilaian festival tersebut seperti lagu yang dibawakan berisi tentang dakwah, pembelajaran dan bahkan pendidikan, serta juga tidak terdapat unsur syirik dan maksiat di dalamnya.

“Pesan moral dalam lagu itu sangat penting di samping penampilan yang memukau dari setiap peserta, tentunya lagu yang dibawakan bernuansa religi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPD LASQI Lombok Timur, Hj. Siti Kudsiyah Rumaksi menyampaikan bahwa festival yang diadakan saat ini berkat adanya dukungan semua pihak termasuk Pemkab Lotim, adapun pelaksanaan festival ini sendiri akan berlangsung selama dua hari yakni 3 sampai dengan 4 Agustus 2022.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan juga para peserta yang telah ikut andil dalam festival ini,” pungkasnya. (den)