General English, Cetak SDM dengan Daya Saing Internasional

85
Pembukaan GE oleh Wagub NTB, Selasa (02/08/2022). (Inside Lombok/M. Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Program General English (GE) dari Universitas Hamzanwadi merupakan suatu terobosan yang mampu meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) atau mahasiswa dengan pandai berbahasa Inggris.

Astrid selaku tim asesor program tersebut menjelaskan bahwa GE menjadi salah satu upaya nyata dari Universitas Hamzanwadi (Unham) dalam mewujudkan mahasiswa yang memiliki daya saing di tingkat lokal, regional dan global. Terlebih slogan Unham memiliki slogan “Berdaya Saing Global dan Berbudaya Santri”.

“Skill berbahasa memang sudah menjadi keharusan dan sangat dibutuhkan saat terjun di dunia kerja nantinya,” ucap Astrid usai melaksanakan GE di Unham, Selasa (02/08).

Adapun GE tahun ini dikatakan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini kegiatan dilakukan secara offline. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dari 1-31 Agustus 2022.

Akan diadakan selama 1 bulan penuh, mulai dari tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2022. Proses pembelajaran sendiri Senin-Jumat dan pada setiap hari Sabtu dilaksanakan Crazy Day atau pengakraban agar setiap kelas dapat berkomunikasi ataupun saling mengenal. “Crazy Day ini kita laksanakan di luar kelas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua YPH PPD NWDI, H. M. Djamaluddin, B.E., M.Kom mengapresiasi kegiatan tersebut dan juga menekankan bahwa pentingnya praktek dalam belajar bahasa asing.

“Pada era yang semakin maju ini, belajar berbahasa asing sangat diperlukan terlebih saat akan memasuki dunia kerja baik nasional maupun internasional karena itu dapat menjadi nilai plus,” ungkapnya.

Wakil Gubernur NTB yang juga selaku Rektor Universitas Hamzanwadi, Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga berharap agar program yang berjalan selama satu bulan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga calon mahasiswa bisa dapat menyerap ilmu-ilmu yang diberikan dengan baik pula. (den)