Grand Opening Ceremony, MTQ XXIX Provinsi NTB Resmi Dimulai

33
Pembukaan MTQ XXIX Provinsi NTB oleh Gubernur dan seluruh bupati/walikota di NTB, Kamis (31/06/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi NTB secara resmi telah dimulai melalui Opening Ceremony yang dilaksanakan di Lapangan Gotong Royong Masbagik, pada Kamis malam (30/06).

Opening Ceremony ini sendiri diisi dengan berbagai pertunjukan mulai dari tabuh gendang, tari, puisi dan banyak lainnya untuk menyambut kedatangan para kafilah yang akan berlomba pada MTQ ke XXIX di Kabupaten Lombok Timur.

Bupati Lotim, Sukiman Azmy menyampaikan rasa terima kasihnya yang begitu besar kepada para pihak termasuk masyarakat yang telah ikut andil dalam mendukung dan membantu lancarnya kegiatan MTQ ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu, tak terkecuali Pemprov NTB dan masyarakat Lotim, serta kami ucapkan selamat datang bagi para peserta,” ucapnya saat sambutan di venue utama Lapangan Gotong Royong Masbagik.

Adapun MTQ ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di NTB. Sukiman mengingatkan meskipun menjadi tuan rumah, ia ingin gelaran ini tetap netral tanpa unsur keberpihakan agar MTQ ini tetap bersih dan menjadi wujud nyata dari syiar Islam.

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengapresiasi Pemkab Lotim dan juga masyarakat yang telah mendukung dan mensukseskan acara MTQ kali ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan juga Pemkab Lotim, serta kami ucapkan selamat datang di gumi yang istimewa ini,” katanya.

Gubernur meminta para Dewan Hakam untuk bersikap netral. Ia tidak ingin lahirnya juara NTB tingkat provinsi ini tapi keberhasilannya menjadi juara menyakiti batin peserta yang lain karena penilaian yang tidak memuaskan.

“Tidak ada gunanya menjadi juara apabila dilandasi kecurangan,” tegasnya.

Gubernur NTB langsung menjadi juru sumpah dan membaiat para Dewan Hakam di venue utama Gelaran MTQ XXXIX tingkat provinsi NTB. Ia juga secara resmi membuka kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29 Juni hingga 6 Juli 2022 dengan disertai tabuhan gendang dari seluruh bupati/walikota di NTB. (den)