Hasil Uji Labfor, Ada Dugaan Kelalaian Pekerja dalam Kebakaran KMP Nusa Penida

51
Puslabfor Polri saat turun olah TKP dan mengambil sampel KMP Nusa Penida yang terbakar akhir pekan lalu. (Inside Lombok/Humas Polres Lobar)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Hasil pemeriksaan Pusat Laboratorium Forensik (Pus Labfor) untuk penyebab kebakaran KMP Nusa Penida menunjukkan adanya indikasi kelalaian pekerja yang menyebabkan kebakaran yang juga menewaskan seorang ABK itu. Hasil uji labfor pun telah diterima oleh penyidik Satreskrim Polres Lobar.

“Hasilnya sudah turun dan sudah kita baca, memang ditemukan kelalaian dari pekerjanya,” ungkap Kasat Reksrim Polres Lobar, Iptu I Made Dharma Yuliana Putra saat dikonfirmasi awal pekan ini.

Dalam laporan hasil pemeriksaan itu, Dharma juga menyebut bahwa Tim Labfor juga menemukan penyebab sumber kebakaran. Dari hasil itu, pihaknya pun akan segera melakukan gelar perkara dalam waktu dekat.

Sebelum melanjutkan untuk gelar perkara, Dharma menyebut, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan saksi ahli dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) yang memiliki kewenangan dalam menerbitkan sertifikat klasifikasi kapal di Indonesia. “Kita ingin Pastikan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan sebagainya,” imbuh dia.

Setelah selesai melakukan pemeriksaan saksi ahli, selanjutnya pihaknya akan langsung melakukan gelar perkara dan menentukan dugaan tersangka. “Nanti setelah hasil BKI ini keluar, kan dia mau kupas semua sama BKI ini. Setelah itu baru kita tentukan (tersangka),” tandasnya. (yud)