Hebat! Gadis Asal Anjani Ini Diterima Kuliah di 3 Universitas Luar Negeri

801
Rachmania Ulwani (Inside Lombok/@rachmaniaulwani).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Rachmania Ulwani, gadis asal Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diterima di 3 universitas luar negeri sekaligus dan 1 universitas dalam negeri.

Rachmania mengungkapkan dirinya berhasil diterima oleh beberapa universitas luar dan dalam negeri tersebut berkat menempuh dua jalur pendaftaran. Untuk universitas dalam negeri yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui jalur SNMPTN, sementara tiga universitas luar negeri seperti University of British Columbia, University of Melbourne, Curtin University, ia mendaftar lewat jalur mandiri.

“Kebetulan kemarin daftarnya mandiri seperti daftar ke universitas pada umumnya, tapi dengan arahan dari pihak Luspresnas dan Kemdikbud juga,” ucapnya kepada Inside Lombok, Rabu (11/05).

Meskipun ia diterima di universitas besar dan ternama, gadis yang baru berusia 18 tahun itu telah memantapkan pilihannya untuk melanjutkan pendidikan di University of British Columbia (UBC) dikarenakan ia lebih suka dengan lingkungan yang ada di sana.

“Dari awal daftar emang tujuan utamanya UBC karena pertimbangannya lebih ke lingkungan univ-nya. Sejauh ini saya memang lebih suka sama yang UBC, karena saya muslim. Saya suka saja gitu sama komunitas muslim yang ada di sana,” tuturnya.

Gadis kelahiran 24 Juni 2004 itu menuturkan bahwa dalam meraih mimpi jangan takut mencoba banyak hal, karena tidak ada hal yang sia-sia. Ia mengingatkan agar dalam hidup untuk tidak takut mengambil risiko dan berani bertarung dengan semesta.

“Jadi jangan takut mengambil risiko, bertaruh pada kesempatan, bertemu orang baru dan berteman. Menjalin hubungan yang baik. Kita hanya hidup sekali,” ungkapnya.

Rachmania sendiri terlahir dari orang tua yang berprofesi sebagai guru di salah satu MTs di Anjani. Ia juga sebelumnya telah menuntaskan pendidikan di TK/Paud Sullamul Mubtadi, SDN 3 Anjani, MTs NW Anjani, dan terakhir di SMA di SMAN 1 Selong.

Selain diterima di berbagai kampus ternama, ia juga merupakan sosok siswa berprestasi di tingkat sekolah hingga nasional. Adapun prestasi yang diraihnya antara lain juara 3 lomba karya ilmiah STIPark NTB tahun 2019 kategori olahan pangan; juara 2 lomba AHM Best Student 2021 kategori pemberdayaan ekonomi/UMKM PT. Astra International, Tbk-Honda Sales Operation NTB; peserta terbaik di Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Lombok Timur 2021 bidang Astronomi; dan finalis nasional Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2021 bidang Matematika, Sains, dan Teknologi. Kemudian ia juga pernah meraih juara 1 Lomba Esai Singkat; juara 2 lomba murottal Al-Qur’an; dan juara 3 lomba tahfiz Al-Qur’an. (den)