Hong Kong Kembali Terima PMI

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mataram, H. Rudy Suryawan. (Inside Lombok/dok)

Mataram (Inside Lombok) –Sejumlah negara tujuan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) sudah mulai dibuka. Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mataram, jumlah CPMI yang menunggu keberangkatan mencapai 49 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mataram, H. Rudy Suryawan menyebut negara penempatan yang dituju 49 CPMI tersebut antara lain Hong Kong, Singapura, Italia, Polandia dan Malaysia. Dari seluruh negara penempatan tersebut, hanya Hong Kong saja yang telah resmi menerima pemberangkatan CPMI.

“Ini baru dibuka dan belum ada yang berangkat,” ujar Rudi. Dirincikan, dari 49 CPMI Kota Mataram sebanyak 34 orang di antaranya dengan negara tujuan Hong Kong.

Meski sudah dibuka, puluhan CPMI tersebut disebutnya masih mengikuti pelatihan. Karena rata-rata para CPMI akan bekerja di sektor informal seperti pembantu rumah tangga. “Ada 49 yang sudah saya rekomendasi untuk pembuatan paspor. Kita sudah komunikasi dengan BP2MI belum ada yang berangkat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah membuat rekomendasi dan semua administrasi sudah dilengkapi. Akan tetapi saat ini, sebagian CPMI tersebut sedang mendapatkan pelatihan sebelum diberangkatkan. “Yang jelas kita sudah buat rekomendasi dan paspor dan selesai semua. Sekarang lagi dibina di Lembaga yang berangkat itu,” ujarnya.

Diharapkan, setelah pelatihan diberikan oleh Lembaga terkait, puluhan CPMI bisa segera diberangkatkan ke negara tujuan yang sudah membuka penerimaan PMI seperti Hong Kong.

“Kerja di sektor formal seperti rumah tangga. Kita berharap supaya segera diberangkatkan kalau administrasi sudah lengkap,” pungkasnya.