Ini Wajah Baru Pantai Suryawangi, Spot Wisata yang Patut Dikunjungi

553
Suasana Pantai Suryawangi dengan wajah baru (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pantai Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji kini punya wajah berbeda. Sekarang, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lombok Timur itu jadi salah satu tempat favorit untuk menikmati pemandangan hamparan lautan dan pulau Sumbawa di seberangnya.

Pokdarwis setempat menyulap Pantai Suryawangi menjadi lokasi yang lebih nyaman bagi pengunjung untuk menikmati suasana pantai, bahkan pada malam hari. Upaya ini pun berhasil menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Sebelumnya lokasi pantai hanya menyajikan pemandangan laut dari sebuah pondok. Namun berkat kreativitas pokdarwis setempat saat ini lokasi tersebut disulap menjadi tongkrongan dengan sebuah cafe yang menghadap langsung ke laut dengan pemandangan lepas pantai dan Pulau Sumbawa.

“Sebelumnya wisata yang kita sajikan itu-itu saja, tapi berangkat dari sana kita mencoba untuk menata kembali lokasi Pantai Suryawangi agar mempunyai daya jual. Ya dengan membuat tempat tongkrongan ini misalnya,” ucap Ketua Pokdarwis, Bungaidi saat ditemui di pantai Suryawangi, Sabtu (21/05).

Penataan lokasi wisata yang dilakukan pada bulan Ramadan dan diresmikan pada momen lebaran lalu ini berhasil menyita perhatian pengunjung. Dalam sehari saja pengunjungnya hampir mencapai 1000 orang.

Tarif yang diberikan juga cukup murah untuk memasuki kawasan Pantai Suryawangi. Cukup membayar Rp5000 per motor, masyarakat sudah bisa menikmati indahnya hamparan laut dan melihat dengan jelas Pulau Sumbawa yang ada di seberang.

“Kita berikan tarif Rp5000 sesuai Perda, dan itu kita berikan plus parkirnya. Jadi dengan tarif segitu pengunjung tak perlu lagi membayar parkir,” jelasnya.

Sambil menikmati suasana pantai, pengunjung dapat bersantai di cafe yang disediakan oleh pokdarwis setempat. Cafe ini buka mulai pukul 16.00 – malam hari. Disediakan juga berbagai macam tempat duduk dari yang berbentuk kursi hingga tempat selonjoran yang ada di bibir pantai.

“Untuk menikmati indahnya ombak lautan pada malam hari, kita sudah sediakan lampu sorot yang mengarah langsung ke pantai,” katanya.

Dengan penataan tersebut, lokasi wisata Pantai Suryawangi yang dulunya terkenal menjadi lokasi kriminal seperti perampokan, pencurian, mesum, bahkan balap liar kini telah 100 persen berbalik menjadi lokasi yang sangat aman dan nyaman bagi para pengunjung.

“Saya jamin keamanannya, di mana pun pengunjung menaruh motornya di sini tidak akan terjadi kehilangan,” jelas Bungaidi. Pihaknya berharap dengan penataan yang baru, wisata Pantai Suryawangi bisa lebih dikenal lagi.

Untuk itu pengelola akan terus menata dan mempercantik destinasi tersebut dengan konsep yang berbeda-beda. Nantinya para pengunjung dijajakan hiburan dan spot wisata yang lebih beragam. (den)