Jalanan Mataram Lengang Saat Libur Lebaran

Mataram (Inside Lombok) – Suasana hari pertama pasca Hari Raya Idul Fitri 2021 di Kota Mataram tampak lengang. Sejumlah ruas jalan utama tengah kota tidak seramai seperti hari biasanya.

Berdasarkan pantauan Inside Lombok, Jumat (14/5/2021), sekitar pukul 10.00 Wita, tampak minim lalu lalang pengguna jalan. Hanya ada sejumlah kendaraan saja yang melintas di tengah kota.

Kondisi lengang itu mulai terlihat di sepanjang Jalan Udayana, Jalan Langko, Jalan Pejanggik, Jalan AA Gede Ngurah, Jalan Panca Usaha, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit, Jalan Airlangga, Jalan Pendidikan, serta Jalan Pemuda.

Selain jalanan yang sepi, kondisi sejumlah pertokoan yang ada di sekitar Mataram dan Cakranegara pun masih banyak yang tutup. Beberapa pusat perbelanjaan seperti Mataram Mall, Lombok Epicentrum Mall, hingga Transmart Mataram memang tetap buka namun minim pengunjung.

Di samping itu, pos pantau yang tersedia di beberapa titik yang biasanya sibuk mengatur lalu lintas dan mengawasi keramaian juga terlihat tampak sepi. Hanya beberapa petugas saja yang stand-by di dalam posko.

Ikhwan (34), salah seorang warga asli Kota Mataram, saat ditemui di Taman Udayana terlihat sedang menikmati waktu bersama keluarganya. Dia mengungkapkan, kondisi sepinya Kota Mataram merupakan hal yang jarang terjadi.

Hal ini disebabkan karena disaat momen lebaran seperti ini sebagian warga lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah atau pulang ke kampung halaman.

“Orang yang tinggal di Mataram kan semuanya nggak asli dari sini. Ada juga yang dari luar daerah. Mungkin karena orang-orang pada pergi mudik makanya Mataram jadi kelihatan sepi,” ungkapnya.

Sementara itu, Hendra (47), salah seorang pedagang di Jalan Panca Usaha mengatakan, baginya situasi Mataram yang tampak sepi saat lebaran merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya. Menurutnya, situasi seperti ini tidak akan berlangsung lama.

“Kira-kira dua atau tiga hari lagi bakal kembali normal lagi seperti hari-hari biasanya,” tuturnya.