31.5 C
Mataram
Jumat, 14 Juni 2024
BerandaBerita UtamaKONI Canangkan Tanding Basket Tiap Malam Minggu di Taman Sangkarean

KONI Canangkan Tanding Basket Tiap Malam Minggu di Taman Sangkarean

Mataram (Inside Lombok) – KONI Kota Mataram berencana menggelar kegiatan olahraga secara rutin di Taman Sangkareang, khususnya basket. Fasilitas lapangan basket yang sudah dibangun Pemerintah Kota Mataram di taman tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal.

Ketua KONI Kota Mataram Firad Pariska mengatakan, kegiatan rutin tiap akhir pekan ini juga agar bisa dinikmati oleh para pengunjung di ruang public tersebut. “Kita berikan tantangan kepada PERBASI agar ini digelar di ruang publik. Jadi kita ingin melakukan setiap malam minggu,” katanya kepada Inside Lombok, Senin (22/8) di Mataram.

Selain memanfaatkan fasilitas yang sudah ada, kegiatan olahraga secara rutin digelar setiap akhir pekan ini sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Karena sebelumnya, olahraga basket biasanya digelar ruang tertutup.

“Kita harus mengadakan kegiatan yang out of the box dengan mengadakan setiap malam minggu,” katanya.

- Advertisement -

Untuk memastikan keamanan selama kegiatan, penerangan disebut sudah memadai. Akan tetapi perlu ada penambahan beberapa fasilitas penerangan kembali dan hal ini dinilai tidak terlalu sulit. “Penerangan sudah cukup memadai tapi ada beberapa PR kita. Tapi saya rasa tidak terlalu sulit dan gampang untuk dibenahi. Paling satu dua hari sudah bisa. Sekarang cukup memadai,” ungkapnya.

Kegiatan olahraga khusus basket pada malam hari ini diakui masih hanya diwacanakan saja. Pasalnya, KONI Kota Mataram belum melakukan koordinasi dengan PERBASI sebagai organisasi basket.

“Itu (olahraga malam minggu red) masih wacana dan belum dikoordinasikan dengan PERBASI,” ucapnya.

Setelah HUT Kota Mataram pada akhir Agustus ini, rencana tersebut akan dikoordinasikan dengan instansi terkait. Sehingga diharapkan, dalam waktu dekat bisa terlaksana. “Setelah HUT kota ini kita akan duduk bersama stakeholder yang ada sebagai sarana hiburan kepada masyarakat dan mengenalkan olahraga kepada masyarakat,” kata Firadz.

Sementara untuk kegiatan yang digelar saat ini di lapangan basket yang ada di Taman Sangkareang Mataram yaitu pertandingan semua klub basket di Kota Mataram. Kegiatan tersebut digelar oleh PERBASI dan didukung oleh Pemkot Mataram dan KONI Kota Mataram.

“Cabang olahraga yang sudah kita agendakan untuk HUT Kota ini sudah semua terjadwal dan beberapa sudah terealisasi. Basket kemarin kita sudah kita buka. Kamis itu dan sampai hari ini. Finalnya direncanakan nanti sore dan malam,” ujarnya.

Jumlah klub yang ikut bertanding diakuinya belum diketahui secara pasti. Pasalnya KONI Kota Mataram hanya memberikan dukungan fasilitas dan anggaran. “Saya belum memantau berapa jumlahnya dan pastinya seluruh klub yang ada di Kota Mataram,” katanya.

Kegiatan olahraga yang digelar bertujuan untuk mendekatkan olahraga ke masyarakat. Sehingga masyarakat lebih tahu tentang olahraga yang ada dan bahkan kedepannya memiliki minat untuk menekuni salah satu jenis cabang olahraga yang ada. “Tidak tahu menjadi tahu dan menjadi ada minat. Harapan kita memasyarakatkan olahraga,” pungkasnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer