Kualifikasi MotoGP Mandalika: Quartararo Melesat, Marquez Terpeleset

Fabio Quartararo (Image source : Instagram @motogp)

Lombok Tengah – Sesi kualifikasi yang berlangsung di hari kedua MotoGP Mandalika 2022 seolah dikuasai tim Monster Energy Yamaha. Fabio Quartararo yang tampil mantap bahkan berhasil meraih pole position.

Pada sesi kualifikasi 1 (Q1) pada Sabtu (19/3) siang waktu setempat, Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Pol Espargaro, dan Joan Mir harus bertarung untuk lolos ke Q2. Sayangnya, Marquez yang berusaha keras menajamkan waktunya mengalami insiden terpeleset hingga terguling ke luar lintasan saat mencoba menikung.

Setelah bergegas mengganti motor dan kembali melaju, nasib sial seolah tak mau lepas dari Marquez. Ia kembali terjatuh di akhir Q1 setelah berhasil menyalip Takaaki Nakagami. Alhasil, pembalap asal Spanyol tersebut harus rela membawa Repsol Honda memulai start di posisi ke-15. Terlebih Pol espargaro juga gagal masuk ke Q2.

Tak jauh berbeda, Joan Mir yang sebelumnya menyabet juara dunia 2020 juga terjatuh dari motornya. Hingga Francesco Bagnaia dan Fabio Di Giannantonio berhak berebut pole position.

Masuk sesi Q2, Fabio Quartararo langsung memantapkan posisinya dengan catatan waktu tercepat 1 menit 31,227 detik, melampaui catatan waktu Bagnaia di awal. Sementara Franco Morbidelli langsung terjatuh pada percobaan pertamanya di Q2.

Melaju di posisi keempat dan ketiga adalah Aleix Espargaro dan Jorge Martin. Saat sisa lima menit terakhir Q2, Quartararo, Bagnaia, dan Martin bersaing sengit memperebutkan pole. Hasilnya Quartararo berhasil menajamkan catatan waktunya dengan 1 menit 30,067 detik.

Martin yang berhasil melewati Bagnaia berada di posisi kedua. Sedangkan Aleix tidak bernasib baik lantaran masalah pada ban belakang membuatnya terjatuh saat hendak melaju.

Dengan hasil tersebut, Quartararo akhirnya meraih pole position disusul Jorge Martin dan Johann Zarco yang mengunci posisi ketiga. Brad Binder dan Enea Bastianini juga melaju untuk start keempat serta kelima. Melengkapi 10 besar adalah Francesco Bagnaia yang turun ke posisi enam, lalu Miguel Oliveira, Alex Rins, Jack Miller, dan Aleix Espargaro. (r)