Kunjungi Lobar, Gubernur Minta Penataan Infrastruktur Segera Dimulai

71
Gubernur saat meninjau kondisi GSM, di Gerung. Selasa (18/01/2022). (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah instruksikan berbagai rencana penataan infrastruktur di Lobar bisa segera dimulai. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Bupati Lobar, sekaligus memantau titik-titik yang perlu dipercantik jelang MotoGP Maret mendatang.

Ia juga menyinggung perlunya penataan untuk mempercantik bundaran Giri Menang Square (GMS) yang nantinya akan dilalui para wisatawan. Baik yang datang melalui pelabuhan Lembar, maupun dari Bandara. Begitu pun dengan penataan taman di sepanjang jalur yang akan dilalui wisatawan.

“Dengan digelarnya MotoGP, nanti secara sederhana apa yang bisa ditata, bisa dilakukan dengan baik. Agar bisa dilihat langsung oleh tamu,” ujar Gubernur, Selasa (18/01/2022).

Kunjungan langsung ke Lobar diharapkan menjadi langkah memaksimalkan kolaborasi dan koordinasi antara pemerintah provinsi dengan Pemda Lobar. “Sinergitas ini sangat penting. Supaya apa yang menjadi prioritas provinsi maupun Lombok Barat bisa berjalan beriringan, dan satu tujuan untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid mengatakan ada beberapa hal yang telah disepakati dalam pertemuan tersebut. Di antaranya soal penataan sejumlah titik strategis di kawasan Lombok Barat.

“Di kita (Lombok Barat, Red) tidak terlalu banyak (yang ditata), hanya bundaran GMS itu,” ungkap Fauzan.

Pihaknya juga mengantensi minimnya penerangan jalan di hampir sebagian wilayah Lobar banyak dikeluhkan masyarakat. Solusi untuk masalah tersebut juga telah disiapkan Pemda, walaupun diakui Fauzan, penataan ini hanya bersifat sementara. Namun ini perlu dilakukan untuk bisa memberikan kesan pertama yang baik pada wisatawan.

“Untuk penataan bundaran secara menyeluruh sudah dua kali dianggarkan, di tahun 2020 dan 2021. Tapi masih terkendala Covid-19 dan selalu kena refocusing,” bebernya.

Belajar dari event WSBK yang sudah terlaksana. Ia menyebut perhelatan internasional ini telah memberi dampak, tidak terkecuali bagi Lombok Barat. Sehingga pihaknya telah melakukan evaluasi untuk bisa melihat peluang yang bisa ditangkap dan dioptimalkan dari gelaran MotoGP yang akan datang. (yud)