Layanan KB Terintegrasi Wujudkan Keluarga Sehat Bebas Stunting

31
Petugas KB saat melayani pasien (Inside Lombok/Ist)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – KODIM 1620/Lombok Tengah (Loteng) menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan membuka pelayanan KB terintegrasi di Puskesmas Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara.

Bekerjasama dengan Balai Penyuluhan KB kecamatan, kegiatan baksos ini juga turut didampingi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Loteng.

Pasi Ter Kodim 1620/Loteng, Kapten Inf. Ali Martono, yang diwakili Pelda L Surya Dharma mengatakan kegiatan tersebut digagas oleh Korem 162/WB dalam rangka TNI AD Manunggal Bangga Kencana Terpadu di wilayah Loteng tahun 2022.

“Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah mewujudkan keluarga sehat, sejahtera, dan bebas stunting,” katanya saat di lokasi Kegiatan, Jumat (23/9/2022).

Sementara itu, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan menjelaskan baksos TNI Manunggal Bangga Kencana Terpadu sebagai upaya TNI AD bersama rakyat mewujudkan keluarga sehat masyarakat kuat.

Dandim menuturkan Bakti TNI mengadakan KB kesehatan merupakan salah satu program lintas sektoral untuk meningkatkan capaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta Kesehatan masyarakat.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI khususnya jajaran Korem 162/WB bersama BKKBN serta instansi terkait lain dan seluruh komponen bangsa dalam rangka membantu meningkatkan tingkat kesehatan, kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas SDM di Loteng,” ujarnya.

“Selain itu tujuannya untuk mencapai target prevalensi stunting di tahun 2024 sesuai yang tertuang dalam Perpres 72 Tahun 2021,” imbuhnya.

Dandim berharap dengan adanya KB kesehatan melalui Baksos TNI Manunggal Bangga Kencana Terpadu menjadi ikhtiar bersama dan pembangkit motivasi masyarakat untuk mewujudkan Loteng sehat bebas stunting.

“Kami berharap dan mengajak semua pihak dapat meningkatkan kolaborasi sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat terwujud,” pungkasnya. (fhr)