Loteng Zona Hijau Covid-19, WSBK Diklaim Tak Timbulkan Klaster Baru

Antusiasme masyarakat menonton konser musik di salah satu sesi Mandalika Xperiences beberapa waktu lalu. (Inside Lombok/Ansori)

Lombok Tengah (Inside Lombok) –

Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sudah ditetapkan sebagai wilayah dengan tingkat penularan Covid-19 rendah atau Level 1. “Sejak 6 November kemarin kita sudah di Level 1. Sudah tidak ada kasus di tingkat kecamatan,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr. Muzakir Langkir, Selasa (23/11/2021) di Praya.

Selain itu, untuk event balap World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika dipastikan tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. Sampai saat ini pihaknya tidak menerima adanya laporan dari petugas yang melakukan pemeriksaan terkait adanya warga yang positif Covid-19 pascamenonton ajang balap motor kelas dunia tersebut.

Penonton yang masuk ke Sirkuit Mandalika diyakini sudah steril. Karena sudah melakukan vaksin hingga dosis kedua sebagai syarat masuk untuk menonton balapan di dalam sirkuit.

“Selain itu kan sebelum masuk juga sudah di-swab. Jadi tidak ada persoalan (klaster Covid-19) di WSBK itu,” ungkapnya. Menurut Muzakir, dengan masuknya Loteng sebagai wilayah Level 1 atau hijau Covid-19, artinya Loteng akan segera bebas dari Covid-19. Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau sudah Level 1 boleh adakan kegiatan seperti pesta, tapi jangan tidak pakai masker, taat prokes,” tegas Muzakir.

Sejak dua bulan lalu, pasien Covid-19 di RSUD Praya juga kosong. Sedangkan capaian vaksinasi untuk dosis pertama saat ini sudah mencapai 83 persen dan dosis kedua sudah lebih dari 50 persen. (irs)