Malas Ikut Rapat, Satu Anggota Dewan di Loteng Dipanggil Dewan Kehormatan

116
Anggota DPRD Loteng, Lalu Muhamad Iqbal (Inside Lombok/Ist)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah (Loteng) menggelar sidang pemanggilan kepada salah satu anggota DPRD Loteng, L Muhammad Iqbal dari Fraksi Partai Golkar. Pemanggilan dilakukan lantaran Iqbal tidak rajin hadiri sidang paripurna dan kegiatan dewan.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Loteng, Legewarman mengatakan pemanggilan tersebut dilakukan lantaran anggota tersebut beberapa kali secara berturut-turut tidak pernah mengikuti dan menghadiri sidang paripurna di DPRD Loteng.

“Kita hanya minta klarifikasi dengan yang bersangkutan, karena sudah beberapa kali secara berturut-turut tidak menghadiri paripurna,” katanya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Dijelaskan, ketidakhadiran ini tidak termasuk dalam alasan pemecatan dengan tidak hormat. Melainkan termasuk dalam pemecatan biasa, tapi prosesnya sangat panjang.

Berdasarkan ketentuan Tata Tertib DPRD Loteng pasal 70 ayat 1 huruf a, disebutkan badan kehormatan mempunyai tugas untuk memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan anggota DPRD terhadap sumpah atau janji dan kode etik.

“Dari hasil klarifikasi, yang bersangkutan tidak bisa hadir karena dalam keadaan kurang sehat,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal tersebut pihaknya meminta kepada yang bersangkutan untuk menyerahkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti yang sah dan atas kelalaianya tidak menyertakan surat keterangan sakit tersebut.

“Kita memberikan sanksi teguran lisan dan meminta komitmen kepada beliau untun lebih aktif menghadiri semua kegiatan rapat-rapat di DPRD, dan beliau menyatakan siap,” ujarnya.

lebih lanjut, pihaknya juga telah melatangkan surat imbauan kepada seluruh fraksi untuk selalu mengingatkan anggota masing-masing supaya meningkatkan kehadirannya dalam semua rapat DPRD. (fhr)