Masuk Data Nasional Potensi Banjir, BPBD Lotim Lakukan Assesment

Bencana banjir yang terjadi di wilayah Lotim beberapa waktu lalu, di Labuhan Haji, Selasa (23/02/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Berdasarkan rilis analisis data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) dengan Impact Based Forecast (IBF) dan BNPB dengan InaRisk, terdapat beberapa daerah di Indonesia yang diwaspadai berpotensi banjir dan masuk dalam siaga banjir pada tanggal 23 Februari 2021. Salah satunya yaitu Kabupaten Lotim. Pihak BPBD Lotim lakukan assesment potensi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan mengatakan, pihak BPBD Lotim khususnya Tim Reaksi Cepat (TRC) Lombok Timur dan Tim Penanggulangan Bencana yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, DLHK, PUPR, dan Damkar, tetap melakukan pemantauan sambil melakukan assesment pada titik potensi terjadinya banjir.

“Dengan kejadian di Labuhan Haji dan Greneng beberapa minggu kemarin, menunjukkan bahwa potensi banjir bisa terjadi di seluruh Kecamatan di Lombok Timur,” ucap Iwan saat dihubungi Inside Lombok melalui WhatsApp, Selasa (23/02/2021).

Dikatakan Iwan, semua kecamatan di Lotim harus diwaspadai adanya bencana banjir yang diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Adapun di Lotim bencana banjir yang terparah berlokasi di Labuhan Lombok beberapa waktu lalu.

“Banjir di Lotim terparah kemarin terjadi di Labuhan Lombok,” ujarnya.

Selain mengantisipasi bencana banjir akibat tingginya curah hujan, pihak BPBD juga mengantisipasi adanya bencana longsor dibeberapa titik akibat curah hujan tersebut. Disebutkan Iwan, terdapat beberapa titik yang harus diwaspadai adanya bencana longsor.

“Pada tahun 2021 Longsor terjadi di wilayah Tete Batu, Perigi, Bebidas, dan Sembalun,” imbuhnya.

Adapun beberapa daerah yang disebutkan dari rilis siaga banjir yang dikeluarkan oleh BMKG dan BPBD tersebut yaitu:

1.Bali : Karangasem, Buleleng, Tabanan, Bangli
2.Sulawesi Selatan : Pangkajene Dan Kepulauan, Kota Makassar, Bone, Gowa, Maros, Takalar
3.Jawa Barat: Kota Sukabumi, Cianjur, Sukabumi
4.Jawa Tengah : Kebumen, Purworejo, Temanggung, Banjarnegara, Batang, Wonosobo
5.Jawa Timur : Pasuruan, Lumajang, Malang, Probolinggo, Kota Pasurun, Kota Probolonggo
6.NTB : Lombok Timur, Lombok Utara