Mataram Siapkan 15.000 Bibit Bunga untuk Revitalisasi Taman Udayana

Sudut bagian utara Taman Udayana, Kota Mataram, akan dijadikan areal percontohan revitalisasi taman yang ditanami bunga tabebuya dan ketapang kencana. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota Mataram telah menyiapkan 15.000 bibit berbagai jenis tanaman bunga untuk merevitalisasi Taman Udayana, kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram HM Kemal Islam di Mataram, Senin.

Pemerintah Kota merevitalisasi taman tersebut karena bunga-bunga di taman itu sudah banyak yang mati atau terserang parasit.

“Penanaman akan kita lakukan saat musim hujan tiba agar bibit tanaman bisa tumbuh dengan sempurna,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kota akan membuat sebuah taman percontohan akan ditanami dengan bunga tabebuya kuning, tabebuya pink, dan ketapang kencana di bagian utara Taman Udayana.

Kemal mengatakan, tabebuya kuning dan tabebuya pink termasuk mahal karena itu pengadaannya perlu direncanakan, apalagi bibitnya harus dipesan dari Kota Malang, Jawa Timur.

Tabebuya kuning dan tabebuya pink yang bunganya mirip bunga sakura saat ini sudah ditanam di beberapa titik yakni di Taman Malomba dan Gapura Tembolak Jalan Lingkar Selatan.

“Tabebuya yang kita tanam saat ini sedang berbunga, sehingga sepanjang jalan menuju Gapura Tembolak terlihat sangat indah, begitu juga di Taman Malomba,” kata Kemal.

Selanjutnya, menurut dia, di sepanjang Jalan Udayana yang saat ini ditanami bunga palem akan ditanami dengan tabebuya dan ketapang kencana.

“Selain Jalan Udayana akan terlihat lebih rimbun dan teduh, juga bisa terlihat lebih indah dan menarik, apalagi saat tabebuya berbunga,” katanya. (Ant)