Mekaki Marathon Bangkitkan Pariwisata Lombok

Para pelari sampai di garis finish pada acara Mekaki Marathon 2018 di Sekotong, Minggu (28/10/2018). (Inside Lombok/ISTIMEWA)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Hamparan pemandangan pagi hari Pantai Teluk Mekaki, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinikmati 1.500 pelari. Penyelenggaraan Mekaki Marathon 2018 edisi kedua ini mengusung tema “Lombok Bangkit” pada Minggu (28/10/2018).

Menurut Gubernur NTB Zulkieflimansyah, sudah saatnya menikmati kembali kawasan-kawasan pariwisata di Lombok yang cenderung lesu pasca gempa Juli-Agustus Lalu. “Nikmati larinya, nikmati pemandangannya” ujarnya saat membuka event ini.

Senanda dengan hal tersebut, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid yang turut hadir juga mengatakan Mekaki Marathon ini dimaksudkan sebagai dukungan untuk membangkitkan aktivitas pariwisata yang menjadi tumpuan kawasan Lobar.

Rute yang ditempuh lumayan menantang, yakni mengitari Teluk Mekaki yang naik-turun bukit. Namun para pelari dapat menikmati keindahan alam, keramahan penduduk, dan mengenal keunikan budaya di salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat itu.

Mekaki Marathon tahun ini melombakan nomor 5 K yang diikuti 1.000 pelari dan 10 K dengan jumlah peserta 500 pelari. Peserta kategori 10k dilepas pukul 06.30 Wita, lalu 15 menit kemudian start untuk kategori 5k.

Selain itu, Mekaki Marathon 2018 yang sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda dimeriahkan sederet artis ternama seperti Ben Joshua, Wulan Guritno, Adila Dimitri, Fajar “Alexa”, dan pelatih lari nasional Agung Gantar.

Wulan Guritno berpatisipasi dalam acara Mekaki Merathon 2018 di Sekotong, Minggu (28/10/2018). (Inside Lombok/ISTIMEWA)

Ben Joshua mengaku senang mengikuti event Mekaki Marathon, sebagai bagian upayanya menyemangati warga Lombok pascagempa.

“Saya sangat senang bisa dilibatkan dalam Mekaki Marathon 2018 ini. Selain rute yang menantang, pemandangan yang terlihat sangat indah” ujar artis kelahiran Manado ini. Ia juga mengatakan bahwa semangat untuk lombok agar bangkit adalah semangat kita bersama. Selain itu ia berharap dengan banyaknya event yang mengangkat pariwisata di Lombok bisa membawa dampak yang positif dan baik bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Ben Joshua berlari di kategori 5K Blibli Mekaki Marathon 2018. Sementara Wulan Guritno, Adila Dimitri dan Fajar, tahun ini mencoba lintasan lari di kategori 10K.

“Senang bisa ikut serta dalam marathon yang menyuguhkan view luar biasa seperti ini. Lombok harus terus bangkit dengan keindahan alamnya” kata Wulan Guritno.

Acara ini juga dimeriahkan games dan hiburan, salah satunya band amtenar yang menyanyikan “Lombok I Love You” mempromosikan obyek wisata Teluk Mekaki yang pantainya berpasir putih serta berhadapan dengan Samudra Indonesia. (IL5)